Baca blog gw sama aja kayak baca tulisan cacat dan gak berbobot. Gak akan ada kata-kata ato cerita yang bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa. Paling cuma bisa buat obat susah eek aja. Karena cerita disini berpotensi membuat anda mual-mual dan mules-mules.. hehe
Posted on Selasa, Januari 15, 2008

This is Indonesian Football

By Afaa Alghifaary di Selasa, Januari 15, 2008

Sepakbola merupakan olahraga yang paling populer di Indonesia. Gak tau kenapa, tapi olahraga mengolah bola ini emang olahraga yang paling banyak diminati orang dibanding olahraga lain macam congklak, petak jongkok, dan petak umpet.

Menurut analisa dari gw, sepakbola diminati oleh banyak orang Indonesia karena olahraga ini simpel, mengutamakan unsur kerjasama yang apik, strategi yang baik dari seorang pelatih berkualitas dan yang pasti olahraga ini mengandung unsur rebutan sesuatu. Yap, sepakbola emang olahraga yang memperebutkan satu bola untuk dimasukkan ke gawang lawan. Kalo kata kakak gw yang cewek, “Lebih baik pemainnya dibeliin bola masing2 satu. Biar pada gak berebutan lagi.” Beginilah pernyataan orang yang kebanyakan bergaul di goa.

Kenapa unsur rebutan sesuatu ini yang menyebabkan sepakbola menjadi olahraga populer di Indonesia? Karena orang Indonesia juga hobby rebutan sesuatu. Jadi dengan kondisi kultur yang sama, otomatis sepakbola menjadi olahraga yang paling digemari (*analisa orang tolol, jangan dibaca dengan serius). Contoh: para elit politik (presiden, anggota parlemen, menteri, dll) rebutan kekuasaan, rakyat rebutan uang kompensasi BBM yang cuma 300 ribu per 3 bulan, rakyat juga rebutan minyak tanah yang semakin hari semakin langka, serta gw ama Bams Samsons rebutan Nia Ramadhani.

Makanya, hari Kamis kemaren tanggal 10 Januari 2008 gw beserta 2 orang temen kuliah gw, Witno dan Adit pergi ke Senayan buat nonton babak Semifinal Copa Dji Sam Soe Indonesia antara Persija Jakarta vs Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC Palembang vs Pelita Jaya Purwakarta. Gw mao merasakan gimana atmosfer ato suasana langsung di stadion. Sebelom2nya sih gw emang udah pernah nonton bola langsung di stadion, tapi itu jarang dan udah lama banget. Terakhir kali gw nonton pertandingan Persija-Persib tahun 2006 yang akhirnya ditunda karena pendukung Persija meluber ke lapangan. Dan Persib pun dinyatakan kalah WO (Walk Out, bukan Warga O’on).

Ini dia deskripsi tentang dua makhluk ghaib yang menemani gw selama nonton bola di Senayan :

1. Witno

Manusia aseli Jogja yang tinggal di sebuah daerah elite yang bernama Citayam ini datang buat ngedukung Persija. Walopun dia aseli Jogja, tapi karena dari kecil udah ngedekem di Citayam, otomatis logat Jawanya pun hilang. Malah logat khas Citayamnya yang kentel. Mukanya kalo dibanding gw mah gantengan gw (*preeett....masih gantengan dia)

2. Adit

Makhluk dari Palembang keturunan China yang dari kecil tinggal di Kedung Badak, Bogor ini datang ke Senayan buat ngedukung tim dari kampungnya, Sriwijaya FC. Sama seperti Witno, biarpun asli Palembang si Adit ini logat wong kitonya udah ilang. Malah logat khas Sunda dengan ‘atuh’nya yang melekat indah di dalam dirinya yang busuk. Dia juga gak suka ama Persija, karena udah kebawa ama rasa ke-Sundaannya. The Jakmania, pendukung Persija kan musuh bebuyutan Viking (pendukung Persib Bandung) dan Kabomania (pendukung Persikabo Bogor). Berhubung dia pendukung Persikabo dan Persib juga, makanya dia gak suka ama Persija.

Di Senayan, gw nonton buat ngedukung Persija. Biarpun gw lama tinggal di Bojong, tapi sebagai orang Betawi aseli gw harus ngedukung tim kebanggan dari kota gw, meskipun pemain Persija yang aseli Betawi cuma 2 orang doank yaitu M.Robby dan Mulky Hakim.

Sebelum ke Senayan, Adit dan Witno minta gw ngejemput mereka di Stasiun Cawang kira2 jam 12-an. Gila, pertandingan baru mulai jam 15.30, tapi mereka minta jemput jam 11. Gw kira mereka bercanda, tapi pas gw baru selese mandi, Witno sms gw katanya dia udah nyampe Cawang. Busseett..........serius nih anak.

Akhirnya dengan tergesa2 gw berangkat ke Stasiun Cawang. Gw nyampe sana jam 12 kurang 15 menit. Abis dari Cawang kita langsung menuju ke Senayan. Nyampe Senayan jam 12 pas. Kenapa perjalanan dari Cawang ke Senayan cuma 15 menit? Karena emang hari itu lagi tanggal merah, jadinya jalanan gak macet. Nyampe Senayan kita langsung beli tiket VIP yang harganya 75 ribu rupiah (*bo’ong....orang cuma beli tiket tribun III yang harganya 20 ribu).

Selese beli tiket kita jadi bingung. Jam masih menunjukkan pukul 12.34, sedangkan pertandingan dimulai jam 15.30. Masih ada kira-kira 3 jam lagi waktu yang tersisa. Mau ke rumah gw, lumayan jauh dan tanggung pula. Kalo ke rumah gw, bisa2 kita cuma istirahat setengah jam. Mau ke Plaza Senayan, gak punya duit dan si Adit pun gak mau kalo kita cuma jalan2 doank, alasannya kakinya pegel kalo jalan melulu. Dia lebih milih duduk di rumput depan stadion utama. Setelah membeli gorengan ceban buat ngeganjel perut, akhirnya gw ama Witno pun ikutan duduk.

Pas jam 1 lewat 17, pintu stadion dibuka. Kita pun masuk ke dalam stadion. Nyampe sana kita jadi bingung lagi. Mao ngapain kita selama 2 jam nunggu di stadion? Di dalam stadion waktu berjalan sangat lama. Perasaan kita udah nunggu selama 2 tahun, tapi pas liat jam.......Baru 1 menit. Ngehe..........

Si Adit memilih ngerokok buat ngebuang rasa jenuhnya. Sementara gw memilih maen game di HP-nya Witno, sedangkan Witnonya sendiri asik menghitung jumlah orang yang make baju oren (kurang kerjaan banget ya...??).

Nonton pertandingan langsung di stadion ada enak dan gak enaknya. Enaknya nonton langsung di stadion adalah, kita bisa tau kejadian yang gak terpantau ato gak disiarin oleh stasiun televisi yang menyiarkan pertandingan tersebut. Sebagai contoh, waktu pertandingan belom dimulai, kira2 waktu menunjukkan jam 2-an lewat banyak.

Di samping kiri gawang yang di babak pertama dipake Jendri Pitoy, kiper Persipura (gawang yang di belakangnya ada semacam obor raksasa yang biasanya dipake buat pembukaan PON waktu di Jakarta) ada boneka macan tiduran yang asik nongkrong disitu. Biasanya emang kalo lagi ada pertandingan Persija di Lebak Bulus, sang boneka macan pasti asik nongkrong di samping gawang. Tapi, berhubung sekarang lagi maen di Senayan, maka polisi yang berjaga2 di stadion mengambil macan tersebut dan bermaksud memindahkannya dari samping gawang. The Jakmania yang melihat kejadian tersebut langsung marah. Ketika rombongan polisi melewati tribun The Jak, mereka pun langsung melempari polisi dengan batu, botol minuman, dll (untung gak ada yang ngelempar pake truk tinja. Kalo ada kan repot). Polisi yang mulai ketakutan lalu mengembalikan boneka tadi ke tempatnya semula. Lucu aja ngeliat polisi yang katanya aparat keamanan, ternyata takut ama segerombolan The Jak. Beginilah sepakbola Indonesia, aparat selalu tak berdaya bila menghadapi supporter mayoritas.

Setelah lama menunggu, akhirnya pertandingan pun dimulai. Menurut gw, pertandingan berjalan seru, dengan beberapa kali terjadi sliding tackle dari kedua tim, tapi masih dalam batas sportivitas. Dan pada menit ke-28, Bambang Pamungkas mencetak gol buat Persija, hasil umpan soloran dari Atep. Kontan seluruh The Jakmania yang memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno pun bersorak gembira. Mereka bernyanyi2, meneriakkan yel2, dan ada juga yang memasang petasan serta kembang api. Suasana di Senayan mirip ama suasana di Irak, penuh ledakan2. Tapi masih dalam batas aman.

Belom selesai petasan berbunyi, menit ke-30 Persipura berhasil membalas skor menjadi 1-1 melalui Alberto “Beto” Goncalves memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Ernest Jeremiah. Kontan The Jak pun terdiam. Sementara pendukung Persipura yang mengisi sektor 15 stadion bersorak gembira.

Ketika di menit ke-46, pemain Persipura berhasil merebut bola dari kaki Bambang dan langsung memberi umpan matang ke Beto. Bambang terjatuh, tapi wasit asal Kediri, Purwanto tidak memberikan tendangan bebas untuk Persija. Beto pun berhasil mencetak gol kedua sekaligus merubah kedudukan menjadi 2-1 untuk Persipura.

Setelah gol tersebut, The Jak yang tidak puas dengan kepemimpinan wasit, langsung meneriakkan yel-yel “WASIT GOBLOK....WASIT GOBLOK...” Tidak lama kemudian, The Jak yang mengisi tribun sektor 14 mulai terlibat baku hantam dengan pendukung Persipura yang diawali dari aksi saling ejek. Gw ama temen gw yang mengisi tribun sektor 13 jelas jadi ketakutan setengah mati. Apalagi gw yang berkulit hitam macam orang Papua, bisa2 gw dibilang imigran gelap dari Papua yang nyasar ke tribun Jakmania. Beginilah gak enaknya nonton sepakbola langsung di Indonesia. Pertandingan yang seharusnya bisa kita nikmati, malah jadi seperti neraka dunia buat mereka yang gak terlibat.

Selama jeda babak pertama, aksi saling jotos dan tendang masih terjadi di tribun sektor 14. Polisi yang berusaha meredam malah jadi sasaran amuk kedua suporter.

Gak lama kemudian, pemain dari kedua tim mulai memasuki lapangan, untuk melanjutkan pertandingan babak kedua. Tepatnya di menit ke-54, Persipura menambah keunggulan menjadi 3-1 lagi2 lewat gol Beto memanfaatkan umpan matang Ernest Jeremiah. Memang, sekilas jelas terlihat kalo Beto sudah dalam posisi offside. Tapi wasit tetap mengesahkan gol tersebut. Kontan The Jak pun mengamuk lagi. Teriakkan yel2 “WASIT GOBLOK” pun berubah menjadi “GANTI WASIT...GANTI WASIT...” Sementara di sektor 14, keributan makin menjadi. Bukan hanya batu dan botol aja yang dijadiin senjata, tetapi senderan bangku stadion dicopot dan dijadikan alat untuk tawuran massal.

10 menit kemudian, di menit ke-64, Hamka Hamzah memperkecil ketertinggalan Persija menjadi 3-2. The Jak mulai bersorak lagi, dan mulai memberikan semangat kepada para pemain Persija agar bisa memenangkan pertandingan.

Tapi sayang, hingga peluit akhir dibunyikan, skor tetap 3-2 untuk kemenangan Persipura. Para pemain Persija tertunduk lesu, sementara The Jak merasa kurang puas dengan hasil tersebut dan terlibat tawuran lagi dengan pendukung Persipura.

Gw heran ama suporter yang gak bisa menerima kekalahan buat tim kesayangannya. Dalam sepakbola, kalah-menang itu biasa. Gak perlu pake gontok2an segala. Yang lebih gw heranin lagi, kebanyakan pendukung Persija itu adalah para pendatang yang merantau ke Jakarta. Gw aja yang orang asli Betawi masih bisa menerima kekalahan Persija tanpa adu jotos. Malahan, seperti yg gw ceritain di atas tadi, temen gw si Adit gak suka ama Persija, dia pendukung Persib dan Persikabo yang notabene adalah musuh Persija. Tapi gw cuek2 aja. Karena emang semua orang punya hak untuk mendukung kesayangannya.

Dampak dari kerusuhan tadi, gw ama temen gw yang berniat nonton pertandingan kedua antara Sriwijaya FC vs Pelita Jaya jadi membatalkan rencana tersebut, karena takut ada kejadian yang enggak diinginkan. Kita pun langsung balik dari stadion.

Bagi para pendatang dan pendukung, kebanggaan apa yang kalian dapat kalo berhasil memukuli suporter lawan? Toh waktu kalian lagi ribut kemarin, pemain kedua tim tetap aja bertanding dan gak ada yang ribut satu sama lain. Kita ini masih satu bangsa, satu saudara. Buat apa ribut sesama orang Indonesia? Cobalah jadi suporter yang baik, dengan menerima kekalahan dengan lapang dada, dan menyikapi kemenangan dengan hati yang rendah serta tidak jumawa. Agar suasana di stadion saat pertandingan sepakbola berlangsung gak kayak suasana Irak waktu lagi di-Invasi Amerika. DEMI KEMAJUAN SEPAKBOLA INDONESIA............(*tsaahhh...nyantai...jangan emosi, Bang)

NB : Sorry kalo di postingan ini, kayaknya gw terlalu mengeksploitasi etnis gw sendiri, Betawi. Ini adalah salah satu wujud kekesalan gw ama orang2 yang mengaku orang Jakarta, tetapi kelakuannya malah bikin malu Jakarta sendiri. Sepakbola itu harusnya dijadikan sebagai alat pemersatu bangsa, bukan malah dijadikan media untuk ribut dan saling ejek antar etnis. Apalagi kebanyakan mereka cuma lama tinggal di Jakarta, tetapi bukan orang Jakarta asli. Sekali lagi, inget kata Donna Agnesia dalam acara Galeri Sepakbola Indonesia. NO TAWURAN. NO ANARKI. JUST GOOD FOOTBALL INDONESIA.....!!!!

0 komentar