Baca blog gw sama aja kayak baca tulisan cacat dan gak berbobot. Gak akan ada kata-kata ato cerita yang bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa. Paling cuma bisa buat obat susah eek aja. Karena cerita disini berpotensi membuat anda mual-mual dan mules-mules.. hehe
Posted on Minggu, Desember 19, 2010

Dimana Ada Kondangan, Disitu Ada Saya

By Afaa Alghifaary di Minggu, Desember 19, 2010

Dulu, waktu masih kecil, gw paling males kalo diajak kondangan ama nyokap gw. Ritualnya sama aja : dateng, ngasih amplop, salaman, duduk, makan, pulang. Sekali-kali ritual kondangan diganti kek : dateng, ngasih amplop, makan, salaman, makan lagi, duduk, lagi-lagi makan lagi, pulang *sebelum pulang jgn lupa nyomot makanan.

Ritual seperti itu yang gw terapin setelah dewasa, yang akhirnya ngebuat gw jadi betah ke acara kondangan (*lumayan makan gratis.. hehe)

Gw jadi inget, sekitar 1 taun lalu, pas malem minggu temen gw, Welly nelpon gw, “Ganteng, lagi dmana lo?”

“Dirumah. Kenapa?” tanya gw.

“Ada kondangan Men. Kawinannya Rally Marina. Ikut gak lo?”

Denger kata kondangan, gw langsung mengiyakan. Karena yg ada di otak gw setiap denger kata kondangan yaitu makan gratis. Rumus gw adalah : gw + dateng ke kondangan = makan gratis ampe mencret.

Ternyata yang diundang di kawinannya pereli nasional tersebut sebenernya si Ghinza, sodara Welly yang seorang penyiar di Global Radio. Nyampe disana gw, welly, dan Chendy (temennya Ghinza) langsung bergerilya dari stand makanan satu ke stand makanan lain (*oke gw ngaku, Cuma gw ma Welly doing yg gitu. Chendy gak). Caplok sana caplok sini. Makan ono makan ini. Comot itu comot ini. Sampe buket bunga juga tadinya mao gw makan, tapi dicegah ama Welly. Mungkin kalo sendok bisa dimakan gw makan juga kali. Gw yakin waktu itu org2 yang ngeliat gw pasti ngira klo gw adalah korban banjir yg belom makan 7 taun. Tapi gw cuek, yg penting gw kenyang. Hehe..

***

Kejadian tersebut terulang lagi sebulan yg lalu. Waktu itu gw nemenin kakak gw ke nikahan temennya di daerah Cawang. Ketika kakak gw asik ngobrol ama temen-temennya, gw asik bergerilya nyari2 makanan dari stand ke stand lain. Nasi, bakwan malang, somay, bakso dan beberapa cemilan gw makanin same gw kenyang. Pas sampe rumah, gw boker 5 ember.

***

Semalam, sodara dari bokap nikah di Gedung Departemen Perindustrian. Siangnya, waktu nyokap lagi ngomongin nikahan itu, tiba-tiba gw ngomong, “Ma, Pai mao ikut ke kondangan dong”

“Pai mao ikut? Yaudah ikut aja. Tumben mao ikut ke kondangan,” kata nyokap.

“Hehehehe..” gw cengar-cengir. “Mao makan gratisan Ma”

“Astagfirullah..” nyokap nyebut. “Jadi ke kondangan bukan mao ketemu sodara?”

“Itu selingan. Yang utama tetep mao manjain mulut ama perut.. hehe”

Nyokap cuma bisa ngelus dada. Mungkin di pikiran beliau, ‘Suwek ni anak, gw kan juga ngincer makanan enak disitu. Ntar diabisin ama dia deh’

Sampe sana gw agak kecewa. Karena jalanan macet, kita nyampe pas acara udah mao selesai dan makanan yg tersisa cuma nasi dan beberapa lauk. Sementara camilan-camilan udah pada abis. Yah, niat gw begerilya pun harus gw kubur dalam-dalam. Padahal gw udah persiapan belom makan dari rumah (*niat amat yah gw kayaknya??). Akhirnya dengan agak kurang semangat gw pun makan nasi. Gw makan duluan, sementara keluarga gw yg lain ngobrol2 ama sodara gw.

Setelah itu kita ketemu sodara-sodara yg lain sebentar. Setelah ketemu, nyokap dan kakak gw makan. Di belakang mereka, gw ngintil ikutan ngambil piring dan nyendok nasi lagi. Adek gw yg ngeliat, langsung nanya, “Lo tadi bukannya udah makan Par?”

“Udah.. emang knapa? Gak boleh nambah?”

“Astaga.. bukannya gak boleh. Emang lo blm kenyang?” adek gw heran.

“Udah sih. Tapi tu makanan ngeledekin gw. Minta dimakan lagi,” kata gw alesan.

Adek gw langsung ngejauh, sementara nyokap cuma geleng-geleng kepala liat tingkah gw. Gw tetep cuek makan ampe gw kekenyangan.

Pas sampe rumah, lagi-lagi gw boker 5 ember.

Makanya buat orang yang ngadain kawinan : ingat, makanan anda bisa abis kalau saya datang ke acara anda. Waspadalah, waspadalah…!!

NB : sebenernya rencana postingan hari ini gw mao posting cerita fiktif. Tentang pahlawan pembela kebenaran dan kebetulan. Ide dan konsep awal emang dari sodara gw yang seorang komikus. Tapi karena udah ampir 2 taun dia gak mengembangkan itu konsep jadi sebuah cerita juga, akhirnya gw berinisiatif buat bikin cerita sendiri. Tunggu yah di postingan berikutnya. Gw lagi milah-milah kata biar jadi lucu, gak kayak postingan gw sekarang yang garing.

0 komentar