Baca blog gw sama aja kayak baca tulisan cacat dan gak berbobot. Gak akan ada kata-kata ato cerita yang bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa. Paling cuma bisa buat obat susah eek aja. Karena cerita disini berpotensi membuat anda mual-mual dan mules-mules.. hehe
Posted on Senin, Januari 10, 2011

Asal Mula Kenapa Gw "Takut" Air

By Afaa Alghifaary di Senin, Januari 10, 2011

Pulang dari Puncak, dengan keadaan yang masih sakit, ternyata gw mendapatkan sesuatu yg berharga. Sebuah sejarah yg merubah hidup gw. Sebuah kejadian yg membuat Julian Assange dicari2 pihak Amerika (*oke gak seheboh itu).

Di perjalanan pulang nyokap menceritakan sejarah masa kecil gw, yang ampe sekarang membuat gw jadi seorang yg agak “takut” dengan air.

Hari itu keadaan Puncak emang amat sangat macet. Gw cabut dari villa jam setengah 12 siang, dan jam 2 baru nyampe At-Taawun. Setelah sholat Dzuhur, nyokap bilang ke bokap, “Kita mau makan dimana nih?”

“Terserah,” kata bokap.

“Di Mirasari aja apa?” nyokap ngasih usul.

Mirasari?? Gw merasa nama Mirasari seperti judul lagu Rhoma Irama. Belakangan gw baru tau kalo judul lagu Rhoma Irama adalah Mirasantika. Gw diem. Gw merasa gak asing dengan nama itu, tapi gw lupa itu tempat apa.

“Iya, Mirasari juga boleh,” bokap meng-iyakan.

“Iya. Tu kan tempat Pai dulu kecebur waktu masih kecil,” kata nyokap.

Gw?? Kecebur?? Gw mulai heran. Kayaknya gw gak inget apa2 tentang cebur mencebur. Yang gw inget masih kecil gw pernah kecebur di got waktu dulu baru belajar naek sepeda. Dan selebihnya? Ya kecebur jamban pernah sih. Hehe..

Nyokap lalu menceritakan kalo Mirasari itu nama tempat makan di daerah Puncak, tapi letaknya masih ada dibawah. Dan nyokap juga nyeritain tentang hal cebur mencebur itu. (*tulisan yg beda dibawah ini adalah cerita dari nyokap, tapi gw ceritakan dengan gaya gw sendiri).

Jadi suatu hari, di Minggu siang yang tenang, ada sebuah meteor coklat jatuh di ladang gandum. Lalu 2 pangeran mengarahkan cermin ke arah meteor itu………. Tunggu tunggu. Ni kayak cerita di iklan Koko Krunch??? Sebaknya gw matiin tipi dulu biar gk terpengaruh ama cerita lain.

Yak lanjut. Kejadiannya sekitar 19 taun lalu, waktu gw masih berumur 3 taun. Waktu itu kita sekeluarga lagi pergi ke puncak dan makan di Mirasari. Mirasari itu tempat makan khas Sunda dengan saung yg didirikan di atas empang yg berisi ikan. Jadi, sambil makan kita juga bisa boker disana. Tinggal buka celana, trus ‘pluuuuuuuuuunngg’..* kalo anda masih punya otak sebaiknya jangan tiru kegiatan barusan. :D

Waktu gw kecil, gw suka banget ama yg namanya ikan. Apalagi ikan duyung yg cuma pake BH dari kerang, itu gw suka banget. Nah, ketika nunggu makanan utama datang, gw ngeliat2 ikan yg lagi berenang kesana kemari dari pinggir saung. Sementara abang gw yg waktu itu masih berumur 8 taun, tepat berada di samping gw lagi asik ngelemparin ager pesanan dia ke empang. Semua normal-normal aja, sampe ketika abang gw ngelempar ager untuk yg kesekian kali, tiba2 ada ikan yg lompat buat ambil ager dia. Karena kaget, abang gw pun reflek ngejorokin gw ke empang (*ini yg ampe skrg masih gw pertanyakan. Kenapa abag gw refleknya ngejorokin gw..? kenapa dia gk nyebur sendiri aja ke empang terus makan tu ager sepiring rame2 ama ikan disana?)

Gw pun kelelep. Sebagai anak yang masih imut, polos, lugu, dan tampan (TAMpang simPANse), gw pasti gk bisa berenang. Gw megap-megap minta tolong. Disaat kayak gini gw ngarepin Pamela Anderson datang nolongin gw dengan swimsuit merah yg selalu dipake di film Baywatch. Tapi harapan tetaplah harapan. Karena jangankan Pamela Anderson, Mpok Atiek aja ogah nolongin gw.

Semua orang panik, kecuali abang gw yg sekarang malah asik ngelemparin ager ke arah gw. Dikira gw ikan lele yg tinggal di kolam itu.

“Waktu itu semua pada panik, sampe2 gk ada yg nolongin Pai di kolam,” kata nyokap. Gw heran, ini pada panik ato emang pada ngarepin gw kelelep? Kok gk ad yang nolongin?

“Enak aja. Papa kan langsung nyebur nolongin dia” kata bokap.

“Ya tapi waktu itu ujung2nya Papa juga tenggelem kan gara2 gak bisa berenang…”

Hmmpppppfff.. gw nahan ketawa. Sumpah lucu. Gw ngebayangin, pas gw lagi tenggelem itu, bokap berdiri di pinggir saung. Sambil ngebusungin dada dan merobek kancing kemeja yg dia pakai layaknya Superman (*di dalamnya memakai baju senam warna biru bertuliskan huruf “E”, singkatan dari Eddie Man), bokap pun bilang, “Tenang anakku. Papa akan datang menolongmu….!!”

JEBUUUUUUUUUUUUURRRRRRRRRR…!!!!!!!!!!!!!!!! Bokap pun nyeburin diri ke kolam………………

Sedetik kemudian, bokap juga megap-megap tenggelem di sebelah gw.

“Waktu itu kaki Papa kram gara2 salah lompat. Makanya jadi tenggelem juga,” bokap ngasih alasan. Itulah kesamaan gw dan bokap. Sama2 jago ngeles walau dalam keadaan terdesak.

“Terus yg nolongin siapa Ma?” adek gw penasaran.

“Akhirnya yang nolongin pelayan di rumah makan itu. Dia nyebur ke kolam buat nolongin. Terus abis itu disuruh minum air jeruk hangat buat netralisir air kolam yang keminum ama Pai” kata nyokap. “Untung juga waktu itu ada Ibu2 yang baik. Dia abis nginep dari Puncak, kebetulan punya anak yg seumuran ama Pai, jadi dia ngasih baju anaknya buat dipake gantiin baju Pai yang basah. Papa juga dikasih pake baju suaminya”

Dalem hati gw mikir, sering2 aja kecebur gitu biar dapet baju gratisan. Hehe… Dan semenjak kejadian itu, gw pun jadi “agak takut” dengan yg namanya air, apalagi air tenang. Dan itu pula yg ngebuat gw jadi gak bisa dan gak niat buat belajar berenang ampe sekarang.

NB : besok gw udah mulai kerja. Dan hari ini gw mao ngucapin talak 3 buat insomnia. Sedih harus meninggalkan insomnia yg udah gw “nikahi” dari jaman awal masuk SMA. Sedih setelah 7 taun kita bersama sekrang harus berpisah. Tapi gw harus ninggalin si insomnia, karena jam kerja gw mengharuskan gw bangun pagi dan kurangin tidur malem. Hikss.. goodbye insomnia.. hope we we’ll meet again.. T.T

Posted on Rabu, Januari 05, 2011

Akibat Ngomong Sembarangan

By Afaa Alghifaary di Rabu, Januari 05, 2011

Oke, pertama-tama walopun telat gw mau ucapin selamat natal dan tahun baru buat semuanya. Dan kalo taun-taun sebelumnya tiap awal taun gw selalu posting resolusi awal taun gw, yang selalu dan pasti diawali oleh : pengen jadi suami ayushita (*okeh, gw tau tu mimpi gw yg ketinggian), tapi sekarang enggak. Gw cuma mau cerita suatu kejadian yg horor buat gw waktu keluarga besar ngadain kumpul2 pas liburan natal kemarin.

Tiap taun, setiap liburan natal keluarga besar gw selalu bikin acara kumpul2. Kita emang gak ada yg merayakan natal, karena semua keluarga gw Muslim. Tapi karena momen yang pas sebab tanggal 25 Desember ada tante gw yang ulang tahun, libur natal juga selalu dijadiin ajang silaturahmi untuk kumpul-kumpul dan biasanya pergi ke luar Jakarta.

Dan tempat yang amat sangat tidak beruntung yg keluarga gw pake buat acara kumpul2 itu adalah daerah Puncak Pass. Di sebuah Villa di Puncak Pass Resort, kami keluarga kecebong kumpul. Dari nenek gw yang udah tua, sampe adek sepupu gw yg masih balita dan cuma bisa pup di pojokan kulkas ikut kumpul. (*iye gw ngaku yg suka pup di pojokan kulkas gw).

Sebenernya acara itu dari taun ketaun sama aja, dateng siang, sore istirahat, abis Isya ngasih kado ama tiup lilin tante gw yg ulang tahun, dan maleman dikit nyongkel jendela villa sebelah……………. Okeh, yg terakhir enggak.

Dan kejadian luar biasa baru terjadi malam keesokan harinya. Waktu itu, ketika gw lagi maen PES di kamar pake laptop sodara gw, tiba2 adek sepupu gw yg masih kelas 1 SMP nunjuk ke jendela villa belakang yg gak ada penghuninya,

“Bang bang.. liat deh, tu apaan bang putih2?”

Gw pause PES yg lagi gw maenin, “Mana?” tanya gw penasaran.

“Tu Bang. Ada cewek putih di jendela itu” sodara gw ngasih tau.

Gw perhatiin lagi, dan tetep gak ada apa2. “Jendela yg deket meja billiard?” tanya gw. Di villa tempat gw nginep emang ada fasilitas billiarnya di lantai 2 dengan ruangan yg terbuka.

“Iya, yg deket pohon tuh” adek sepupu gw meng-iyakan.

Gw ama Ica, sodara gw yg jadi lawan gw maen PES langsung fokus ke jendela yg ditunjuk ama adek sepupu. Tapi sayangnya kita tetep gak nemuin apa2.

“Aaah lo gentong. Ngigo aja lo” kata gw sambil ngelanjutin maen PES lagi. Badannya yg gede kayak Ti Pat Kai yg bikin gw manggil dia dengan kata ‘gentong’

“Bang, dia ngeliatin kesini Bang..!!” adek sepupu gw histeris kayak banci kena razia. Dia kemudian nutup matanya pake bantal.

“Udah, suruh dia kesini aja. Ajakin dia ngadu PES ama gw. Kali aja dia jago, gak kayak si Ica nih yg kalah mulu” kata gw ngasal.

“Kapan gw kalah?” Ica nyamber omongan gw.

“Iye ampir kalah. Ujung2nya gw yang kalah barusan”

“Bang aku serius Bang. Dia ngeliatin kesini Bang…!” adek sepupu gw masih ngejerit. Rasanya pengen gw masukkin tu orang ke lemari. Tapi gw baru nyadar kalo gak ada lemari yg muat dimasukkin jin gentong kayak dia. Kcuali kalo dimasukkin ke brangkas RT, mungkin muat.

“Ahh berisik lo..” gw mulai empet karna kalah lagi “Bilang ama tu setan, suruh kesini aja, ngadu PES bikin cup biar rame daripada cuma ngeliatin doang” kata gw dengan gaya sotoy. Dan gak lama perdebatan soal “wanita-baju-putih-nangkring-di-jendela-villa-belakang-yg-gak-ada-penghuninya” pun berakhir karna kata adek sepupu gw si “wanita-baju-putih-nangkring-di-jendela-villa-belakang-yg-gak-ada-penghuninya” udah pergi. Gak tau kemana, mungkin dia mau arisan ama temennya sesama wanita berbaju putih.

***

Paginya, gw bangun tidur dengan kondisi badan yg kedinginan. Awalnya gw pikir wajar, karena udara di puncak saat pagi emang masih dingin. Buat yg tinggal di Jakarta, pasti terasa banget dinginnya. Tapi ampe siang, gw ngerasa badan gw makin dingin, mengigil dan kepala gw pusing. Gw baru sadar kalo gw sakit. Dan gw mulai menerka-nerka kalo sakit gw karena kesambet. Seenggaknya kejadian kayak gini pernah juga gw alamin sekitar 2 taun lalu.

***

2 taun lalu, di liburan natal juga, di acara kumpul2 keluarga juga, bertempat di Puncak juga tapi beda villa, gw pernah kena batunya karna omongan gw yg sembarangan kayak muka gw. Waktu itu, di kamar yg ditempatin sama sodara2 gw yg cewek, terdapat lukisan cewek dengan gaya jaman dulu yg menurut gw, yaah, rada serem. Dan gw pun mulai ngoceh dengan omongan kesotoyan gw. Siang2 gw nakut2in sodara2 gw dengan bilang, “Hati2 lho, ntar malem2 lukisan itu nangis sendiri dan keluar air mata”

Gw juga gk tau itu gw nakut2in ato emang karna efek kebanyakan minum oli bekas. Makanya omongan gw jadi ngaco. Tapi setelah gw pikir2, kayaknya gw adalah korban kebanyakan nonton film horror ala Kiki Fatmala dan Andhika Kangen Band (*bner gk sih Andhika Kangen Band pemain film horror? Tau dah, sama2 serem sih soalnya) :D

Dan sebelum pulang ke Jakarta, kita sekeluarga foto2 dulu. Foto dibagi 2 sesi, antara kelompok orde lama (yaitu ibu2 dan bapak2 termasuk nenek gw) dan orde baru (anak2 muda yg mukanya kayak corong minyak semua). Semua berjalan biasa aja. Baru pas sampe Jakarta gw sakit 5 hari.

***

Saat gw masih sakit itu, sodara gw nelpon nyokap dan nyuruh nyokap buat kerumahnya. Sorenya nyokap, kakak, dan adek gw ke rumah sodara gw. Disana, sodara gw nunjukkin foto saat sesi orde baru. Di foto itu, di pundak kiri gw, ada sebuah tangan pucat yang sedang merangkul pundak gw. CUMA TANGAN. DAN PUCAT. Waktu ditanya ke semua sodara2 gw, gak ada yg ngaku kalo tangan itu adalah tangan salah satu sodara gw (*mungkin mereka malu kali kalo ketauan ngerangkul pundak gw) hehe..

Dan tangan itu, setelah diperhatikan adalah tangan seorang wanita, karena terlihat dari punggung tangannya yg alus dan kecil, beda ama tangan cwok ato bahkan tangan bencong monster yg terlihat lebih agak kasar.

Sayangnya, foto itu akhirnya dibakar buat menghindari hal yg gak diinginkan, dan masternya yg ada di camera digital pun diapus sama sodara gw. Tapi yang masih jadi pertanyaan gw sampai sekarang yaitu, TANGAN SIAPAKAH ITU?? APA ITU TANGAN CEWEK YG ADA DI LUKISAN?? ATO TANGAN AYUSHITA?? <- tetep Ayushita. Dan sampe sekarang gw gak tau….

*sekedar info : kejadian 2 taun lalu, waktu itu gw udah ke dokter, sampai obat abis gw blm sembuh juga. Akhirnya mengikuti kepercayaan orang Betawi dulu, nyokap pun ngerebusin ubi birah dan gw disuruh minum air rebusan tersebut. Dipercaya ubi birah bisa “mengusir” makhluk yang “menempel” ditubuh kita. Beberapa hari setelah rutin minum air ubi birah, gw pun sembuh.

Dan kejadian desember lalu, sampe Jakarta gw juga langsung ke dokter. Dokter bilang gw kena gejala tifus karna kecapekan, keseringan begadang, dan kurang tidur. Mungkin bener juga kata dokter. Tapi gw juga gak tau, soalnya waktu masih di puncak itu dinginnya beda. Menggigilnya sama kayak yg gw rasain 2 taun lalu. (*dan sekarang pun gw jadi merinding sendiri gara2 inget kejadian itu.. kamfretoooss…!!)