Baca blog gw sama aja kayak baca tulisan cacat dan gak berbobot. Gak akan ada kata-kata ato cerita yang bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa. Paling cuma bisa buat obat susah eek aja. Karena cerita disini berpotensi membuat anda mual-mual dan mules-mules.. hehe
Posted on Kamis, Juni 18, 2015

Hal - Hal Yang Masih Diingat Saat Puasa Masa Kecil

By Afaa Alghifaary di Kamis, Juni 18, 2015


Marhaban Ya Ramadhan.

Hari ini hari pertama puasa di tahun 2015. Hari yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Terutama buat anak-anak. Kenapa anak-anak? Buat anak-anak bulan Ramadhan lebih dari sekedar nahan haus, nahan lapar, dan nahan kentut.

Dulu waktu gue kecil, bulan puasa selalu gue dan teman-teman tunggu. Kenapa? Karena di bulan itu, kita tetap dapet uang jajan, tapi gak dibeliin makanan. Sampai-sampai pas bulan puasa, gue bisa beli pistol-pistolan, mobil-mobilan, robot patlabor, mainan ksatria baja hitam, rumah di pondok indah, sampai beberapa kapal pesiar yang gue parkir di kolam lele deket rumah.

Waktu kecil juga banyak hal-hal selama bulan puasa yang gak bisa gue lupain sampai sekarang. Beda tahun, tentu beda generasi. Generasi sekarang cuma bisa gerak-gerakin tangan di layar tab. Gak ada permainan yang bikin badan kita bergerak. Gak sehat. Beda sama generasi gue dulu. Kita main lari-larian, kejar-kejaran, dan Alhamdulillah gue pun menjadi.... bengek. Sampai SMA.

Buat mengenang masa-masa kecil dulu, gue mau ngebahas hal apa aja yang identik sama bulan Ramadhan pada waktu itu. Cekidut:

BUKU AGENDA PUASA

 
Siapa anak sekolah yang gak tau buku agenda puasa? Buku setebal lebih kurang 30an halaman yang isinya laporan ibadah apa yang sudah kita lakukan di bulan puasa. Bagian yang pasti paling diingat sama gue yaitu, bagian isi ceramah dan tandatangan ustadz.

Iya, di kolom bagian bawah, biasanya terdapat baris-baris kosong buat kita isi ceramah di bulan puasa. Waktu kelas 5 SD, gue selalu bawa buku itu ke mesjid tiap shalat tarawih. Selesai tarawih gue bakal ngantri sama anak-anak lain buat minta tandatangan Pak Ustadz yang memimpin shalat. Untung ustadznya baik. Coba kalo gak? Mungkin gue disuruh pake pita dulu, bawa balon 3 biji, atau bikin ceker ayam metal kayak ospek di sekolah-sekolah.

Kita semua bakal bikin barisan, menunggu giliran dapat tandatangan. Gak beda jauh memang sama minta tandatangan Raffi Ahmad. Lalu tahun depannya, gue gak pernah bawa buku itu ke mesjid tiap shalat tarawih. Gue lebih memilih menitipkan buku gue di adik gue. Biar dia aja yang antri minta tandatangan.

PERANG SARUNG


Kayaknya kalo yang ini sampai sekarang sebagian anak-anak masih main. Perang selepetan sarung emang gak ada matinya. Permainnya simpel. Sarung kita gulung-gulung jadi kecil. Ujungnya dibuat agak runcing, biar kalo kena lawan terasa perih. Pegang ujung yang tumpul pakai tangan kanan. Sementara ujung runcing pakai tangan kiri. Tarik dengan cepat tangan kiri, lalu lepaskan. Cetar!!! Makin kuat tarikannya, makin keras pula selepetannya.

Permainan perang sarung biasanya gue lakukin selepas shalat Isya berjamaah. Ketika orang-orang pada shalat tarawih, gue asik main perang sarung di halaman samping masjid. Saat shalat selesai dan semua orang pulang, biasanya bokap gue yang liat gw lagi perang sarung langsung nyamperin sambil ngejewer dan narik gue pulang.

PETASAN





Ini juga sampai sekarang masih banyak yang mainin. Siapa sih yang gak kenal petasan? Petasan ini salah satu mainan orang kaya. Gimana gak kaya, kalo kita ngeluarin uang Cuma buat dibakar-bakar doang?

Sebagai anak laki-laki (walaupun belum 100% yakin), gue malu kalo gak main petasan, sementara temen-temen gue tiap hari selalu beli petasan di depan sekolah dan memainkannya pas sore. Saat itu petasan yang lagi jadi trending topic yaitu petasan cabe rawit. Bentuknya silinder kecil, warna merah dan ada sumbu. Mirip dinamit versi mini. Setelah sumbu dibakar, harus buru-buru dilempar. Bunyinya nyaring. Walaupun masih kalah nyaring sama suara almarhumah Mpok Nori.
Karena gue pemula dalam dunia perpetasan, gue gak langsung berani main petasan cabe rawit. Gue ngeri kalo petasan itu gak sempat gue lempar dan meledak di tangan gue. Gue takut. Takut jadi tambah gosong.

Petasan yang gue pilih yaitu : petasan ular. Serem? Iya kalo dari nama mah serem. Padahal aslinya enggak. Petasannya berwarna coklat keabu-abuan. Bentuknya bulet pipih kayak obat bodrex. Kalo petasan itu dibakar, efeknya si petasan yang tadinya bulat pipih bakal memanjang dan memanjang terus melingkar sampai abis. Gak ada ledakan sama sekali. Mungkin itu alasan kenapa dinamain petasan uler. Padahal kalo gue perhatiin lagi, bentuk panjangnya itu gak mirip uler. Menurut gue malah lebih mirip tokai kucing mengembang.

Setelah pensiun dari dunia petasan uler, gue mulai mencoba petasan cabe rawit. Gue pun masuk ke dunia pergaulan anak-anak masa itu. Gue gak kuper lagi. Setiap sore gue main petasan cabe rawit. Dari yang sekedar lempar-lemparan, sampai lama-lama ke hal lebih ekstrim lagi. Gue dan temen-temen gue pernah masukkin beberapa petasan cabe rawit ke buah kelapa yang dibelah dua, lalu ditutup dan ditaro di got, lalu ngumpet. Efeknya? Buah kelapa itu meledak, mencipratkan air-air got ke sekitarnya. Kita lalu ketawa-tawa.

Setelah bosan main petasan cabe rawit, gue naik level ke petasan kupu-kupu. Petasan yang kalo kita bakar, dia terbang random dan gak jarang malah ke arah kita lalu meledak. Hampir mirip sama jangwe. Bedanya jangwe terbangnya ke atas, kalau petasan kupu-kupu terbang datar horizontal.

RENTAL GIMBOT






Gak semua orang tau gimbot itu apa, apalagi anak jaman sekarang. Gimbot adalah cikal-bakal dari gameboy atau PSP. Permainannya Cuma ada tetris doang, tapi entah kenapa kita gak ada yang bosan.

Setiap bulan puasa, di depan SD gue pasti ada abang-abang yang ngerentalin gimbot. Kalo gak salah waktu itu tarifnya cepek 10 menit. Gimbotnya udah dimodif. Gak pakai baterai lagi, melainkan pakai aki. Lalu diiket tali, mungkin biar anak-anak gak kabur bawa gimbot itu.
Gimbot yang waktu itu paling populer adalah gimbot yang bisa ngomong. Kalo kalian salah masukkin balok tetris, gimbot itu akan bilang “BEGO LU!”. Pertama gue masih santai dikatain sama gimbot. Lama-lama pas gue beberapa kali salah masukkin balok tetris, si gimbot makin kurang ajar. Berkali-kali dia ngatain gue bego. Gue emosi, gue bales celaan dia, “ELU YANG BEGO!!!”. Si gimbot kayaknya ikutan emosi. Dia malah bilang, “ELU BEGO. MASUKKIN BALOK TETRIS AJA GAK BISA!”. Gue yang gak terima dibilang bego, ngebales omongan si gimbot,

“ELU YANG BEGO. LU PIKIR GAMPANG MAIN TETRIS HAH?”

“BEGO MAH BEGO AJE. TEMEN-TEMEN LU PADA BISA NOH MAIN!” bales si gimbot.

“WAAH KURANG AJAR NIH GIMBOT. GELUT YUK AMA GUE!!” gue makin emosi. Gue tarik iketan yang ada di gimbot itu. Gue lempar, gue cekik, gue injek,  gue smackdown gimbot tersebut. Gimbotnya pun tewas dengan sukses. Gue ketawa. Guelah pemenangnya. ‘Mampus lu gimbot nista!’ pikir gue dalam hati.

“BEGO LU. GIMBOT AJE LU LAWAN” tiba-tiba suara gimbot itu terdengar lagi. Gue lihat ke mayat gimbot tersebut. Udah hancur lebur. Gak mungkin dia masih idup. Gue menengok ke belakang. Gue baru sadar kalo selain kata “BEGO LU”, ternyata temen gue yang jadi pengisi suara gimbot itu.

Gimbotnya udah hancur, abang-abangnya ngeliatin gue dengan tampang pengen nelen gue hidup-hidup. Jadilah selama sebulan puasa uang jajan gw tabung demi gantiin gimbot yang gue smackdown sampai tewas.

UNDIAN TARIKAN
Gue gak tau ini sebenarnya judi atau gak. Waktu kecil gak ada pikiran-pikiran kayak gitu. Pas puasa, selain gimbot, abang-abang tarikan ini juga ramai nongol di depan SD gue. Permainannya simpel. Kita bayar cepek, kita pilih 1 tali dari ratusan bahkan mungkin ribuan tali yang diikat jadi satu kayak sapu lidi. Di bagian bawah ikatan tersebut, ada hadiah-hadiah yang membuat anak-anak tertarik. Ada mobil-mobilan, pistol-pistolan, robot, wisata 3 hari 4 malam di lombok, dan ada juga hadiah zonk kayak gasing plastik, kitiran, mainan parasut plastik, atau biji karet 2 biji.

Waktu itu gue liat temen gue main tarikan tersebut, dan dia berhasil dapat pistol-pistolan yang pelurunya bulet kecil kayakk telur cicak. Gue pun penasaran. Gue merasa tertantang buat dapetin mainan ksatria baja hitam yang daritadi ngeliatin gue terus. Pertama gue main sekali, gue tarik, gue dapet biji karet. Penasaran, gue main lagi. Gue tarik, gue dapat gasing plastik. Gue masih penasaran. Gue main lagi. Gue tarik lagi, lagi-lagi dapat biji karet. Gue merasa termotivasi sama keberhasilan temen gue. Gue main lagi, main lagi, sampai duit jajan gue yang waktu itu cuma seribu rupiah habis. Hasilnya? Gue jadi kolektor biji karet.

UNDIAN PISTOL BOWLING


Karena di bulan puasa gak boleh jual makanan, abang-abang jualan di depan SD pun makin kreatif. Apa aja bisa dijadiin hal yang menarik buat anak-anak. Contohnya mainan pistol bowling ini. Permainan ini sebenernya gak beda jauh sama undian tarikan tadi. Sama-sama menguji keberuntungan. Cuma medianya aja yang beda. Medianya memakai mainan pistol, yang ujung larasnya berdiameter lebar karna pelurunya adalah bola bowling mainan. Bola itu nanti ditembakkan ke pin bowling mainan yang jumlahnya 10. Jarak tembak diatur sama abangnya. Peserta Cuma dikasih kesempatan menembak sekali. Sekali tembak strike, bisa pilih hadiah mainan. Ada mobil-mobilan, barbie, pistol-pistolan dan lain-lain. Sekali tembak kena 6-9, hadiahnya bisa dipilih antara buku gambar, buku tulis, dll. Sekali tembak cuma kena 0-5 pin, lagi-lagi hadiahnya biji karet.

Beberapa temen gue udah mencoba, tapi hasilnya selalu gagal. Kalo gue berhasil, gue adalah orang pertama yang bisa dapat hadiah utama. Tau kan hadiah utama yang gue incar? Mobil-mobilan? Oohh bukan. Gue bukan incar mobil-mobilan. Gue incar boneka barbie. Rasanya udah gak sabar mau nyisirin rambutnya tiap sore.

Hari itupun tiba. Gue pun mencoba peruntungan gue. Selama ini persiapan gue adalah menonton kartun Lucky Luke berkali-kali sampe VCD emak gue rusak.

Kesempatan pertama gue lalui dengan gagal. Gue coba peruntungan kedua. Masih gagal. Belajar dari kesahalan undian tarikan yang gue coba dengan terburu-buru, kali ini gue gak mau terlalu nafsu. Setelah kesempatan kedua gagal, gue pun berhenti. Gue lalu pergi ke toko mainan gak jauh dari situ. Gue beli mainan pistol bowling tersebut.

Tiap sore gue latihan menembak pin bowling dengan jarak yang sama seperti permainan undian bowling. Tiap sore selama seminggu. Di hari terakhir latihan, tembakan gue selalu strike. Gue pun merasa kemampuan gue udah cukup untuk maju di permainan itu lagi.

Siang itu sepulang sekolah, anak-anak berkumpul di depan abang undian pin bowling. Mereka mau melihat keberhasilan gue dalam menembak pin. Gue bakal jadi orang pertama di SD gue yang berhasil dapat hadiah utama kalau berhasil menembak semua pin dalam satu kali tembakan.

Kesempatan pertama, gagal. Gue agak gugup karena ditonton oleh banyak orang. Kesempatan kedua, masih gagal. Gue mencoba bersikap tenang, jangan grogi. Gue harus mengeluarkan kemampuan terbaik gue. Gue lalu mengeluarkan uang seribuan dari kantong. Gue bilang ke abangnya, gue booking sepuluh kali lagi tembakan. Gue yakin kali ini gue bisa memaksimalkan sepuluh kesempatan tersebut dan meraih semua hadiah utama.

Gue minta ganti pistol dengan pistol yang selama ini gue pakai latihan. Abangnya setuju. Permainan pun dimulai kembali. Gue mulai membidik sasaran pin. Gue incar pin tengah yang ada di barisan depan. Perlahan-lahan tangan gue mulai menarik pelatuk pistol. Dan yaaaaakkkk..... kesempatan pertama dengan pistol baru gagal. Cuma 6 pin yang berhasil jatuh.

Temen-temen gue menghela nafas. Mereka masih menggantungkan harapan ke gue. Masih ada 9 kesempatan mendapatkan hadiah utama. Gue bidik lagi sasaran gue. Gue tarik pelatuknya. Dan............. hasilnya? Lagi-lagi gue jadi kolektor biji karet.

Itu beberapa hal yang masih gue inget saat puasa di masa kecil. Kenangan itu, kadang gue suka ingin balik lagi ke masa itu. Masa-masa dimana masih belum banyak hal yang kita pikirkan. 

Masa-masa yang penuh dengan canda tawa.

Oke, sekali lagi selamat menunaikan ibada puasa buat teman-teman yang menjalakannya. Jangan sampe bolong ya... Maksudnya, jangan sampe bolong tanpa ngajak-ngajak gue. Yuuuuukkk....









8 komentar

victoria kecantikan on 28 Juni 2015 13.05  

Vmen Plus Herbal

Lintah Hitam Papua

Ring Silikon Getar

Obat Penghilang Tatto

Viagra USA Asli

Vacum Penis

Potenzol Cair

Boneka Sex Full Body 

Minyak Tangkur Buaya

Vagina Getar

Vagina Getar Goyang

Kondom Silikon Gerigi

Vimax Capsule Canada

KLG Capsule

Penis Getar Goyang

Selaput Dara Buatan

Tissu Magic

Obat Kuat Cialis

Penis Ikat Pinggang

Kondom Silikon Mutiara

Alat Perapat Vagina

Obat Pelangsing Fruit Plant

Vagina Silion Manual

Obat Sipilis Alami

Obat Penyubur Sperma

Obat Peninggi Badan

Obat Kuat Levitra Germany

Cobra Oil Super



Open Order 087839177799


jual token listrik online on 14 Agustus 2015 14.01  

hehehehehe..mantap sangat lh artikel ni gan..
kren dan sangat menarik ..maksih gan atas infonya.
salam kenal dan salam sukses.


Namikaze Lionel on 4 September 2015 10.20  

wahh mantab bro, lanjutkan hahaha,
numpang promosi blog bro
yang isinya cerita-cerita fiksi buatan gua hhehehe
ni
http://novelmangame.blogspot.co.id/2015/08/danger-warr-satria-tangguh-bagian-1.html


winen lose on 21 Oktober 2015 17.08  

Prediksi Skor Lokomotiv Moskow VS Besiktas 23 Oktober 2015
Prediksi SKor Sporting Lisbon VS Skenderbeu Korce 23 Oktober 2015


Nathalia Feronica on 28 November 2015 04.16  

hehe, bagus gan artikelnya..
mampir juga ya gan di blog saya, jangan lupa tinggalin jejak juga ya di blog saya http://goo.gl/a7ZSZA..
terimakasih guys


Yenny Suryanti Setia Ningsih on 25 Januari 2016 12.32  

Bagus2 artikelnya gan..
mampir jg yaa

http://ceritayenni.blogspot.co.id/


Lala Nirmala on 3 Februari 2016 02.18  

Mengobati hernia secara herbal
Tips mencegah terkena hernia
Penyebab Terkena hernia
Penyakit hernia berdasarkan proses terjadinya
Menyembuhkan penyakit hernia
Langkah - langkah mencegah hernia
Penyebab anda terkena hernia
Hernia Inkarserata
Sirine
jual bel sekolah
jual game pc murah


Obat Kuat Bekasi on 14 Maret 2016 17.10  

PEMBESAR PENIS KLG
VIMAX CANADA
OBAT KUAT VIAGRA USA
OBAT KUAT TAHAN LAMA
OBAT KUAT LEVITRA
OBAT KUAT SEMPROT
POTENZOL CAIR
VAGINA CENTER
VAGINA GETAR GOYANG
BONEKA FULL BODY
VAGINA GETAR
PENIS GETAR GOYANG
PENYUBUR SPERMA