Baca blog gw sama aja kayak baca tulisan cacat dan gak berbobot. Gak akan ada kata-kata ato cerita yang bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa. Paling cuma bisa buat obat susah eek aja. Karena cerita disini berpotensi membuat anda mual-mual dan mules-mules.. hehe
Posted on Kamis, Desember 22, 2011

Untuk Ibu (dan Ayah)

By Afaa Alghifaary di Kamis, Desember 22, 2011



Tadi pagi, gw bangun enggak seperti biasa. Bukan, bukannya gw bangun terus langsung koprol di atas genteng. Gw bangun, liat notif di bbm dan timeline di twitter, ternyata gw baru ngeh kalo hari ini tanggal 22 Desember, yaitu hari Kamis hari ibu.


Hampir semua status bbm dan twitter temen-temen gw soal ibu. Ada yang bilang sayang ibu, ingin bahagiain ibu, cinta ibu, dll. Mungkin kalo gw juga buat status, cuma status gw doang kali yang isinya begini : “Ibu, aku kangen duitmu” *lho* (enggak deh) hehehe.

Dirumah gw, setiap tanggal 22 Desember emang gak pernah ada hal-hal yang spesial. Kita gak pernah kasih kado ke ibu, juga gak pernah ngucapin selamat hari ibu, atau bahkan juga gak motong kambing. Yang terakhir ini gw baru sadar, kalo hari ibu beda dengan Idul Adha (*iye tau gw norak T.T)

Mumpung masih di suasana hari ibu, gw mau cerita sedikit soal nyokap gw. Soalnya kalo di hari ibu gw cerita gimana pengalaman gw pas puasa Ramadhan dulu, kayaknya agak kurang nyambung.

Langsung aja deh.

Sebagai seorang anak, wajar kalo kita menganggap ibu kita itu adalah ibu yang paling hebat. Begitupun gw. Gw juga menganggap ibu gw yang paling hebat. Ibu gw emang gak bisa terbang kayak Superman, gak bisa nemplok di dinding kayak Spiderman, ato gak pernah keluar malem kayak Batman. Tapi apa yang superhero lakuin, masih kalah hebat dengan apa yang ibu gw lakuin ke gw dan anak-anaknya.

Waktu gw masih bayi, di malam hari saat Batman keluyuran tengah malem bareng si Robin sambil ngarepin ada maling yg bisa mereka gebukin, ibu gw masih terbangun untuk ganti popok (ato lebih tepatnya kain lap) gw yang basah oleh air pipis gw. Atau cuma sekedar menyusui agar gw bisa tidur nyenyak tanpa kelaparan. Itulah ibu gw.

Setelah gw mulai sekolah, ibu gw masih tetep ibu yang hebat. Di saat Spiderman menclok kesana kemari buat nyongkel jendela rumah orang (*okeh, gw agak sedikit ketuker antara Spiderman ama maling rumah. Sama-sama bertopeng soalnya), ibu gw juga menclok di sekolah gw tiap pagi sampe siang, nungguin gw pas TK dulu. Walau waktu itu dirumah ada pembantu, tapi nyokap sendiri yang selalu nganterin gw sekolah sampai gw kelas 2 SD. Itulah ibu gw.

Setelah gw besar, ibu gw gak pernah berubah. Beliau masih ibu yang hebat. Dikala Superman bisa menumpas semua penjahat dengan kekuatan supernya, ibu gw juga bisa menumpas semua kesedihan yang dia rasa, saat gw mulai berani melawan dan susah untuk diatur. Beliau gak pernah mengeluh punya anak seperti gw. Bahkan beliau selalu memuji anaknya di depan orang-orang, walau cuma sedikit kebaikan yang pernah gw berikan ke beliau. Itulah ibu gw.

Ibu gw orang yang tegar, walau gw sering nyakitin hati beliau. Pernah, waktu gw masih kuliah dulu, pulang kuliah gw main sampai gw mesti nyampe rumah malem banget. Nyokap nunggguin gw karna gw gak bawa kunci. Pas gw sampe rumah, nyokap nasihatin gw. Keinget gimana dulu mata nyokap yang lelah menahan kantuk akibat nungguin gw pulang. Sementara gw, dengan kondisi badan yang capek setelah main seharian, emosi gw jadi naik dan kata-kata gw jadi agak keras begitu nyokap nasihatin gw. Tapi saat itu nyokap gak marah balik ke gw. Dia diem aja, dan gw langsung ke kamar gw di lantai atas.

Diatas gw gak bisa tidur, ngerasa bersalah karna udah bentak nyokap. Gak lama, gw kebelet pipis. Gw pun ke kamar mandi yang adanya dilantai bawah. Waktu itu emang tumben banget. Gw yang biasa pipis di pojokan gudang tiba-tiba pengen pipis di wc.

Selesai pipis, gw iseng-iseng ngelongok ke kamar nyokap. Nyokap emang gak pernah nutup pintu kamarnya tiap tidur. Gw liat, nyokap udah tidur dengan pipi yang agak basah. Sepertinya abis menangis. Gw gak tau pasti kenapa nyokap nangis, tapi gw yakin banget nyokap nangis karna tadi gw abis bentak dia. Gw diem, gw merasa bersalah banget. Nyokap udah bela-belain nunggu gw, tapi perlakuan gw malah begitu. Padahal kalo nyokap gak nungguin, gw pasti udah tidur diluar karna pintu dikunci. Setelah kejadian itu, gw janji gak mau buat nyokap nangis lagi.

Nyokap gw juga orang yang kuat. Enggak, nyokap cuma manusia biasa kok. Dia gak akan kuat kalo disuruh angkat kulkas pake satu tangan. Maksudnya kuat disini, nyokap orang yang kuat ngadepin idup ini. Waktu masih kecil, gw orang yang masih berkecukupan. Bahkan lebih. Lebih jelek dan lebih item. Okeh, yang itu di skip.

Kehidupan ekonomi keluarga gw layak banget. Sampai akhirnya ketika krisis moneter melanda Indonesia, usaha bokap bangkrut dan keadaan ekonomi keluarga gw jadi jungkir balik 90 derajat + 90 derajat = 180 derajat. Apalagi selama menjalankan usaha itu, bokap udah resign dari kerjaannya di sebuah toko buku terkemuka di Indonesia. Gw yang dulunya berkelebihan, jadi serba pas-pasan bahkan kekurangan. Malah pas gw kelas 1 SMP di Bogor, orang tua gw cuma mampu beliin gw baju 1. Sisanya?? Nyokap beli badge SMP di pasar, dan dijait di kantong kemeja baju SD gw agar badge SD-nya ketutup oleh badge SMP.

Selama taun 1998 – 2000, ampir tiap hari menu makanan keluarga gw cuma 3 : indomie, ikan kecil-kecil yang murah, sama telur ayam. Malahan dulu pernah gw buka puasa cuma ama telur dadar. Tapi semua itu gak ngebuat nyokap nyerah. Kalo dia mau, mungkin dia bisa ninggalin bokap yang waktu itu sedang jatuh-jatuhnya. Tapi nyokap gak, beliau malah semangatin bokap biar gak nyerah, sampe akhirnya bokap bisa semangat lagi buat jalanin idup.

Selama 2 taun bokap nyari kerja, dan waktu emang susah banget. Yang udah kerja aja pada dipecat-pecatin, apalagi yang nyari, pasti gak dapet lah. Sampai ketika keadaan udah mendesak, bokap pun berencana untuk jadi supir angkot. Tetangga deket rumah emang juragan angkot, dan beliau nawarin kerjaan itu ke bokap. Saat itu rencananya bokap mau nyupir angkot 07 jurusan Pasar Anyar – Bojonggede.

Buat nyokap, menjadi istri dari supir angkot gak ngebuat dia malu walaupun itu menurunkan statusnya yang dulu adalah istri seorang Branch Manager di sebuah toko buku terkenal. Jujur, waktu itu gw sempet malu kalo bokap bener-bener jadi supir angkot. Tapi nyokap yakinin gw, apapun itu, selama uang yang kita dapat adalah uang halal, Allah pasti memberikan berkah dan akan dikasih jalan yang terbaik oleh-Nya.

Dan ternyata semua gak berjalan sesuai rencana. Beberapa hari sebelum bokap resmi narik angkot, bokap ketemu temennya yang dulu sama-sama kerja di toko buku itu. Temennya pun nawarin bokap kerja di tempatnya, yang akhirnya diterima oleh bokap.

Gak lama keluarga gw pun pindah ke Jakarta, karena semua aset yang ada di Bojong dan Bogor udah ludes untuk nutupin utang usaha bokap yang bangkrut total.

Selepas bokap pensiun, cobaan datang lagi. Gw ngerti, buat orang tua gw, menghidupi 4 orang anak ( 3 kuliah dan 1 SMA) disaat bokap udah pensiun itu adalah hal yang berat. Apalagi bokap pensiun pas di waktu kantor tempat dia kerja dipailitkan oleh kurator. Yang akhirnya sampe detik ini, uang pensiun bokap gw belum dibayar sepeserpun.

Ditengah kesulitan yg datang lagi, nyokap mutusin buat kerja di SMP tempat tante gw kerja. Tante gw adalah guru senior dan udah disegani disana. Jadi mudah untuk memasukkan adiknya kerja disana. Memang ada sedikit unsur nepotisme, tapi semua itu nyokap lakuin biar keluarga gw tetep bisa makan.

Nyokap kerja jadi pegawai koperasi, dan nyokap bukan PNS. Beliau cuma pegawai bayaran biasa yang honornya cuma cukup buat makan. Tapi lagi-lagi beliau gak nyerah gitu aja. Sambil kerja, beliau nitip jualan makanan kecil di kantin SMP itu. Gw inget dulu gw sering bantuin bungkusin makanan itu ke plastik. Gw rekatin plastiknya pake api dari lilin, biar plastik pembungkusnya jadi rapat dan makanan itu gak jadi alot.

Memang jualan makanan kecil seperti itu untungnya gak seberapa. Tapi lumayan, bisa buat nyicil bayar uang kuliah gw, abang gw, kakak gw, dan sekolah adek gw. Sampai-sampai temen-temen nyokap salut sama beliau dan bokap gw. Dengan keadaan yang gak memungkinkan, beliau bisa kuliahin semua anaknya (sekarang adek gw juga udah kuliah).

Ini cerita asli, gak ada yang gw karang sama sekali. Gw cerita begini bukan buat dikasihani, tapi cuma mau ingetin aja, betapa besar perjuangan ibu dan juga ayah untuk gw, dan pastinya juga untuk kalian semua. Orang tua gak akan pernah minta apapun dari anaknya. Berapapun harta dan tenaga yang mereka keluarkan buat anaknya, mereka gak akan pernah menghitung walaupun kita udah mampu untuk menggantinya.

Satu pesan gw : Jangan pernah kecewakan orang tua. Ingat perjuangan Ibu saat melahirkan. Nyawa yang beliau korbankan demi seorang anaknya. Ingat perjuangan Ayah saat mencari nafkah demi menghidupi keluarganya. Beliau tetap tersenyum walaupun lelah.

Sayangi mereka jangan ketika ada momen saja. Tapi sayangilah mereka selamanya. Tunjukkan dengan perbuatan, bukan hanya dengan kata-kata. Buat mereka bangga punya anak seperti kita. Doakan mereka di setiap ibadah kita, karna di dalam doa mereka pasti ada nama kita walau tanpa kita minta.

Buat mereka selalu tersenyum. Setiap tetesan air mata ayah dan ibu yang pernah kita buat, jangan pernah kita ulangi sampai kita mati nanti.


Untuk Mama : Terima Kasih Sudah Memberikan Semua Yang Terbaik Untuk Anakmu

Untuk Papa : Terima Kasih Telah Menjadi Ayah Yang Hebat Dalam Keluarga

Maaf Bila Belum Bisa Membuat Kalian Bangga. Tapi Pai Janji, Akan Terus Berusaha Membuat Kalian Tersenyum.






Posted on Selasa, Desember 13, 2011

Tips Menghindari dan Mengatasi Galau

By Afaa Alghifaary di Selasa, Desember 13, 2011




Galau. Semua orang pasti tau galau. Galau bukan alat yang buat mandi, itu gayung. Galau juga bukan yang ada di wc, itu karbol. Iya gw tau gak penting, tapi gw yakin semua orang pasti pernah ngerasain galau. Ditolak, galau. Putus, galau. Kucing tetangga kawin, galau.

Yang lebih parah, galau sekarang gak cuma melulu soal cinta. Contoh : gw galau ketika tau Amira ternyata anaknya Pak Prabu. Gw gak bisa terima kenyataan itu. Gw galau. Gw langsung lari-larian di tengah ujan, sambil meratapi kenyataan itu. Dan besoknya gw langsung meriang 7 hari 7 malem. Galau memang gak enak.

Nah, berhubung gw gak mau anak-anak sekarang menjadi AGATA (Anak GAlau jakarTA), gw akan ngasih tips bagaimana cara menghindari galau. Semoga tips ini bisa membantu kalian semua yang lagi dilanda dengan kegalauan tingkat konferensi asia afrika. Cekibrut…


1. Hindari Mengingat Mantan

Hal paling utama penyebab galau muncul yaitu : CINTA. Yak, cinta bisa bikin hati berbunga-bunga. Cinta juga bisa bikin merana. Contoh : lo nembak cewek, diterima, lalu jadian. 2 menit kemudian cewek lo mutusin lo, -bahkan masih lebih lama waktu menyeduh pop mie dibanding waktu kalian jadian- dan lo langsung galau seketika. Lo masih ngarepin dia, karna cuma dia satu-satunya cewek yang mau ama lo. Lo masih sering memantau dia, liat status bbmnya. Masih sering liat-liat TL twitternya, ato liat testi di friendsternya. Nah pertanyaan gw sekarang adalah, emang masih ada yah orang yang main Friendster??? Okeh gak penting. Yang penting sekarang adalah : jangan pernah jadi stalker ke mantan lo. Karna itu bakal bikin kalian jadi galau. Ngeliat dp bbmnya ama cowok lain, galau. Padahal cowok itu kakeknya mantan lo, di dp juga keliatan kalo dia udah tua renta. Liat status mantan lagi jalan ama cowok lain, langsung nyeduh wipol. Liat TL mantan, ada mention “sayang” dari cowok lain, langsung ngunyah kamper. Terakhir, pas liat status relationship mantan udah jadian lagi, langsung deh nangis sambil keramas pake selang di atas genteng.


2. Cari Yang Lain

Masih soal cinta. Tapi kali ini kasusnya agak berbeda. Kalo di kasus yang pertama, kalian pernah jadian. Tapi kalo kasus ini gak. Contoh : lo suka ama cewek, nembak dia, ditolak. Lo tembak lagi, ditolak. Lo tetep nembak, ditolak. Lo nembak lagi, diludahin. Dan lo langsung galau seketika. Saran gw : cewek diluaran banyak bro, jangan cuma karna 1 cewek bisa bikin lo galau. Jangan ingat-ingat dia lagi, cobalah cari yang lain. Jangan sampai lo kebayang-bayang terus dengan impian lo yang udah sirna. Hal kayak gitu bisa bikin suasana hati gak enak. Lagi main ama temen, inget dia. Lagi main ke mall, inget dia. Mungkin cuma pas lagi main sabun doang lo gak inget dia. Kenapa lo gak bisa lupain dia? Kalo menurut lo, lo gak bisa lupain karna dia makhluk yang sempurna, itu salah bro. Gak ada manusia yang sempurna. Inget kata Dorce, “kesempurnaan hanya milik Allah” #LagiBener #DengkulAbisKepentok


3. Jangan Bercermin

Galau bisa terjadi bukan karena cinta. Bukan. Ada hal lain yang bikin nyebabin orang galau, yaitu : FISIK. Buat orang yang bermuka tampan dan mempesona macam gw, mungkin setiap gw ngaca gak ada masalah, walau 3 detik kemudian cermin yg gw pake buat ngaca langsung retak. Tapi buat orang yang mukanya gak lebih cakep dari selangkangan tapir, bercermin adalah kegiatan yang bisa bikin galau seketika. Contoh : lo lagi cuci tangan di toilet mall. Gak lama datang Christian Sugiono, cuci tangan di sebelah lo. Pas lo liat di cermin, ternyata beda banget 234712390487289527309413045 derajat. Lo langsung nangis di pojokan toilet. Saran gw cuma 1 : bersyukurlah atas apa yang Tuhan udah kasih ke kita. Setiap kekurangan pasti ada kelebihan. Biarpun lo kurang ganteng, tapi gw yakin lo pasti lebih jelek. Ingatlah selalu kata-kata itu J


4. Perbanyak Kegiatan

Rata-rata orang mudah menjadi galau karna gak ada kegiatan. Contoh : Lo abis putus, galau sendirian dikamar. Lo jadi inget lagi masa-masa indah ama dia. Masa-masa saat lo minta bayarin nonton, juga dibayarin makan, dengan cara speak dompet lo ketinggalan. Dan ternyata lo cowok pengeretan, wajar aja kalo diputusin. Tapi hal-hal kayak gitu yang bisa bikin kita galau. Saran gw yaitu : perbanyak kegiatan. Sering-seringlah jalan ama temen-temen lo, agar lo gak kepikiran masa-masa saat bersama dia dulu. Kalo lo gak punya temen, jalan sama keluarga lo. Kalo lo juga gak punya keluarga, pagi-pagi main aja ke RCTI. Ikut deh bareng alay-alay penonton bayaran di dahsyat. Lumayan, cuma modal joget ‘kucek-jemur’ doang bisa dapet duit 25 ribu. Konsekuensinya : lo lepas dari predikat anak galau, tapi lo jadi new member dari anak alay Jakarta.


5. Sebisa Mungkin Hindari Kamar Mandi

Baca judul di atas pasti rancu. Hindari kamar mandi? Maksudnya, gak boleh ke kamar mandi gitu? Terus gimana klo mau eek ama mandi? Apa gw mesti boker di atas genteng? Ato mandi di tempat cuci steam motor??

Bukan bukan, bukan itu yang gw maksud. Ini maksud gw. Kamar mandi adalah salah satu media paling ampuh untuk galau, selain pojokan gudang dan pojokan kamar. Contoh : saat lo lagi pupup, lo pasti jongkok/duduk sambil bengong. Gak mungkin kan lo pupup sambil main PS ato sambil latihan sirkus? Bisa-bisa ampas lo berecetan kemana-mana. Nah, saat lagi bengong itu, lo pasti mikirin sesuatu. Kalo lo lagi ada masalah, lo pasti langsung kepikiran dengan masalah lo itu. Lo pun langsung galau seketika. Teriak-teriakan nangis di kamar mandi sambil guyur air ke kepala pake gayung. Oke, itu untuk tipe orang dengan tipe kamar mandi yang masih tradisional.

Lain lagi untuk orang yang udah mempunyai shower di kamar mandi. Saat mereka lagi keramas, mereka akan galau, karna kebawa adegan galau di film-film remaja : GALAU SAMBIL SHOWERAN DI POJOKAN KAMAR MANDI. Dan itu sangat membahayakan sekali bagi perkembangan mental dan psikologis para remaja (*apa sih??!!). Apalagi sekarang ini lagi ngetop tagline si Arief Poconggg di film dan twitternya : “SAAT GALAU MELANDAMU, BERSHOWERLAH”





"saat galau melandamu, bershowerlah"


Sekian dulu deh tips dari gw. Semoga tips ini bermanfaat buat semuanya. Gw cuma berharap gak ada lagi anak galau di dunia ini. Terlalu sayang kalo idup lo diabisin buat ber-galau-ria. Sebenernya untuk gak galau itu mudah. Kuncinya cuma 1 : selalu bersyukur dengan semua yang udah Tuhan berikan ke kita. Kalo kita selalu bersyukur, gw yakin kok galau gak akan menghampiri kita.

Okelah, udahan dulu yah. Gw udah laper. Lagian gw juga lagi mau masang shower di kamar mandi dulu, biar kalo gw lagi galau gak perlu repot-repot lagi showeran di selang blangwir. #lho :D

Posted on Sabtu, Desember 03, 2011

Lagi - Lagi Plagiat (*cape deh)

By Afaa Alghifaary di Sabtu, Desember 03, 2011

Gw gak tau mesti mulai darimana. Kemarin gw buka kaskus, dan gak sengaja nemu postingan gw yang ini di copas ama agan2 kaskuser. Ada 7 thread yang isinya copas tulisan gw yang itu. Gw bukannya pelit ato gimana, tapi tolong lah hargai orang. Nulis gak mudah. Gw bukan penulis komersil, buat gw nulis adalah hobi. Tapi bukan buat bebas di plagiat juga. Nuangin ide gak gampang cuy. Saat bikin tulisan yg dicopas di kaskus itu, gw ampe ngeden 7 hari 7 malem di wc. Iya, gw emang bener2 mikirin tulisan di blog gw. Prinsip gw : lebih baik postingan gw gak penuh tapi bisa bikin orang2 ketawa, dibanding tiap hari posting tapi kriuk2.


Gw juga seorang kaskuser, walau jarang banget posting thread. Gw cuma lebih seneng baca2 thread aja. Bahkan id kaskus aj gw belum setaun, walau dari kuliah dulu udah sering buka kaskus. Gw juga gak menyalahkan kaskuser yang mengcopas tulisan itu dan dijadiin thread.

Ini kejadian kedua yang udah ketauan, kalo tulisan gw di copas. Sampe akhirnya gw posting di blog gw kalo isi tulisan gw dicopas ama si plagiator. Ada 3 postingan gw khsus buat si plagiator ini : disini, disini, dan disini.


Dan jujur, kejadian kayak gini pasti bikin mood menulis blogger yang posting tanpa plagiat akan jadi turun. Boleh copas tulisan gw, silahkan. Gw gak pernah minta bayaran ato apapun. Tapi saat tulisan kita diplagiat dengan seenaknya, disebar kemana2, ada rasa kesel juga. Walau gw bersyukur juga, karna tulisan gw udah diapresiasi sama orang2, walau dengan cara salah :)


Para blogger yang benar2 menulis dengan kemampuan sendiri, dia tidak akan pernah meng-copy paste tulisan orang. Kalaupun copas, pasti ditulis sumbernya. Karna menulis itu gak mudah, dan ada perasaan kesal ketika tulisan yang capek2 kita buat, malah seenaknya diplagiat.


Terakhir, saat gw mau me-lock tulisan agar tidak bisa dicopas lagi, gw nemu kata2 bagus dari seorang blogger.


Mengutip tulisan dari seorang blogger disini : hargailah orang jika anda mau dihargai.

NB : adaq 1 lagi postingan dari plagiator yg benama richie lanover, yg pernah ampe gw bikinin 3 postingan di atas.. coba cek link gw yg ini dan link dia yg ini. Mirip banget kan?? Gw nulis cerita itu bulan januari 2008, dan dia baru posting februari 2011. Jelas kan dluan gw?

Kalo ada yg mw liat blog dia juga, ada juga nih dia bikin blog di detik. Liat sama link gw yg ini, disitu gw kasih daftar2 blog gw yg diplagiat dia. Liat ceritanya sama yg di blog detik dia (postingan yg di wordpress sama blogger dia udah diapus TANPA MINTA MAAF DAN NGAKU KALO DIA PLAGIAT). Semoga kalian bisa langsung cepet2 bca sbelum blog detiknya diapus kayak wordpress dan bloggernya.

Semoga orang2 kayak gini dbukakan matanya, biar gk seenaknya plagiat dan nyebar cerita orang kemana2 seolah2 cerita itu punya dia *amien*

Posted on Rabu, Oktober 05, 2011

Mabok Girlband

By Afaa Alghifaary di Rabu, Oktober 05, 2011

Wiihhh.. selamat siang semuanya. Gak sadar udah lama juga gw gak posting. Udah sebulan lebih aja. Kemarin2 gw emang lagi sibuk banget. Sibuk makan, tidur, eek, makan, tidur lagi, eek lagi. Bener2 sibuk… *lap keringet*

Langsung aja deh. Akhir2 ini, gw sering banget liat di tipi ato denger radio, kalo boyband dan girlband lagi menjamur di Indonesia. Awalnya sih karna 7 semi cowok yang nyanyi sambil kesurupan sambil narik2 kerah kaosnya ampe setetek –begitu kata Raditya Dika di stand up comedynya- yang bernama SM*SH, yang mempopulerkan spesies2 sejenis mereka jadi sering nongol di tipi. Sebut aja XO-IX, dragon boy, ato yang lainnya. Belum lagi girlband macam 7icons dan Cherrybelle yang ikut2an nongol dan jadi terkenal juga. Bahkan Tina Toon juga kabarnya ikut2an bikin girlband. Untung Tina Toon, coba bayangin kalo Tata Dado yang bikin grup vocal tari kayak gitu juga. Jujur gw gak tau pantesnya dimasukkin ke kategori girlband, boyband, ato hermaphroditeband.


Dan yang pasti, kemunculan mereka sedikit banyak mempengaruhi tingkah laku dan gaya anak2 kecil. Gw inget banget, dulu jaman gw kecil, waktu Backstreet Boys dan Westlife lagi ngetop2nya gw langsung ikutin gaya2 mereka. Nari2, joget2 kesurupan sambil makan beling. Niatnya biar keren kayak Nick Carter dkk, tapi jadinya malah kayak kuda lumping ngondek lagi kejang2.

Sekarang pun begitu, banyak anak2 yang ikut2 gaya mereka. Salah satu anak yang saat ini lagi ikut keranjingan girlband juga yaitu : Fanny. Iya, adek sepupu gw yang emang gak bisa diem ini akhir2 ini lagi keranjingan banget ama lagunya 7icons yang playboy itu. Tiap hari nari2 itu terus. Pagi2 nari playboy. Siang nari playboy. Malem, baca majalah playboy. Hehehe.. yang malem gak deh. Pokoknya sehari bisa berkali2 dia nari2 playboy.

Ini bukti dia tiap hari nari playboy mulu. Oiya sebelumnya, klo kalian kira fanny lagi nari di bantar gebang, kalian salah. INI KAMAR GW!! KAMAR GW!! Kamar gw emang gk lebih bagus dari bantar gebang. Bahkan waktu temen kampus gw pertama kali main ke kamar, komentar dia adalah : LO TIDUR DI GUDANG??!! Gw pun langsung nangis di atas genteng T.T

Okeh, langsung cekidot aja :

video


Nah, ini satu lagi waktu dia nari2 7icons di depan rumahnya :

video


Selain 7icons, ada juga girlband baru yang bernama Cherrybelle. Awalnya, dulu gw kira Cherrybelle itu sekumpulan tukang buah cherry yang matanya bellek-an. Tapi ternyata mereka adalah girlband dengan jumlah anggota 9 orang cewek yang imut2 kayak marmut ngemut semut. Ini adalah foto personil Cherrybelle :

Cherrybelle sekarang


Nah, berhubung gw pernah berguru di Ki Joko Kepinteran selama lebih kurang 350 tahun, jadi gw bisa meramalkan gimana wujud mereka di masa datang. Ini adalah gambar Cherrybele di masa datang :

Cherrybelle 40 tahun yg akan datang

Yaudah, sekian dulu deh postingan dari gw. Gw mau kerja dulu, sebelum diomelin ama bos karena mejanya belum gw lap, kantor juga belum gw pel dari pagi. Hehehe… Yuuuuk dadah babai…

NB : kalo ada yang buka blogger terus galat bX-3hl23v, coba deh buka link ini, bermanfaat banget. Gw aja jadi bisa buka blogger lagi karna ikutin instruksi di link itu

Posted on Jumat, Agustus 19, 2011

Game 17 Agustus : 'Mari-Ngebekep-Sodara'

By Afaa Alghifaary di Jumat, Agustus 19, 2011

Selamat sore. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang mau melaksanakan. Sebelumnya gw mau ucapin selamat ulang tahun buat nyokap gw yang ke-53, semoga gw makin ganteng dan tetep jadi idola para wanita (*dilarang protes). Maaf kalo anakmu yang tampan ini jarang buka puasa dirumah dan lebih sering buka puasa diluar, walaupun nyokap tiap hari masakkin makanan kesukaan gw L

Gw juga mau ucapin selamat ulang tahun Indonesia ke-66. Semoga gw tetep makin ganteng dan tetep jadi idola para wanita (*yang mau nonjok monitor komputer, silahkan :p).

Okeh lanjut. Selama beberapa hari belakangan, gw ama abang gw mesti nginep di rumah saudara. Bukan, bukan karena rumahnya bocor terus gw mesti nadahin ember kalo ujan, tapi ada alasan yang masuk akal yang ngebuat gw jadi tinggal disana untuk sementara. Yak, selama 9 hari om gw umroh. Tante gw, yang tinggal cuma dengan 3 hewan anaknya yang masih kecil dan seorang pembantu, merasa perlu bantuan gw dan abang gw untuk alasan keamanan. Biar gimanapun juga tante gw takut kalo malem2 ada orang gak dikenal masuk ke rumahnya, ato tiba2 ada berita Ashanti putus dari Mas Anang. Makanya, gw ama abang gw tinggal disana sementara waktu untuk mengantisipasi hal2 yang gak diinginkan (*iye tw gw cuma jadi satpam rumah tante gw) *nangis sambil liat foto syahrini* T.T

Sebenernya gak masalah gw tinggal disana, selama gw dikasih makan tulang yang berkualitas. Tapi semua menjadi seperti “di tempat sirkus”, saat gw harus berhadapan ama anak tante gw yg paling kecil : Fanny. Buat yang sering baca blog gw dari jaman gw masih kuliah dulu, pasti pernah denger nama anak ajaib itu. Beberapa kali gw ceritain tentang si Fanny ini, waktu umurnya masih sekitar 3-4 tahun. Dan semuanya gak ada yang seindah cerita Romeo dan Juminten. Cerita antara gw dan Fanny cuma 1 : Fanny, adek sepupu yg masih seciprit dan sekarang udah kelas 2 SD, menyiksa gw layaknya kambing kurban, sementara gw cuma bisa pasrah dengan siksaan itu. Fanny pernah muntahin kasur di kamar gw, dia pernah nyiptain permainan “mari-menyiksa-sodara”, dan dia juga pernah mandi di air mancur Bunderan HI (okeh yg terakhir gak). Pokoknya kayak udah terbentuk di otaknya : gw adalah bahan siksaan dia!! Yah, GW ADALAH BAHAN SIKSAAN DIA!!! T.T

Hari itu Rabu, 17 Agustus 2011. Hari dimana bangsa Indonesia lepas dari penjajahan, dan hari dimana gw malah dijajah oleh adik sepupu gw sendiri. Jam setengah 11, disaat orang2 malas masih tidur di kasur, tiba2 ada yang nindihin badan gw. Gw kira itu Ayushita yang marah karna gw sekarang berpaling ke Syahrini, tapi ternyata si Fanny yang nindihin gw sambil bilang “BAAANNGG.. UDAH SIAAAANNNG.. BANGUUUUUN!!” sambil tereak di kuping gw.

Dia lalu ngajak gw main. Di bagian ini gw udah mulai curiga. Sebelum si Fanny ngeluarin permainan “aneh”nya, gw langsung bilang, “Abang lagi puasa, jadi gak bisa main yang macem2” kata gw sedikit memelas. Gw berharap presiden kita nelpon gw dan bilang : saya cuma bisa prihatin.

“Iya aku tau kok abang lagi puasa. Kita baca komik aja bang”, kata dia disambut dengan tangis haru suka cita gw. Gw gak tau ini yang namanya berkah Ramadhan ato bukan. Tapi kayaknya emang benar kalo setan diiket selama bulan puasa. Buktinya jiwa barbar Fanny tiba2 ilang.

Gw lalu ngambil komik dorameon di meja, dan dia ngambil komik yang gw pegang. Gw lantas ambil komik naruto, lagi2 dia ngambil komik naruto yang gw pegang. Akhirnya gw ambil upil dari idung gw, sambil gw pelintir2 dengan harapan dia ikut2an ambil upil yang ada di tangan gw. Tapi ternyata dia malah asik baca komik *bunuh diri di jamban* T.T

Ngeliat dia lagi baca komik, gw pun tiduran di kasur. Mata gw udah merem melek, sampe tiba2 dia bilang “Bang bang.. coba deh abang tidurnya kakinya dilurusin”

GW HERAN. GW CURIGA!!!! Lagu Firasat-nya Marcell mulai berkumandang di telinga gw. Ya,firasat gw tiba2 gak enak. “Bang, kakinya dilurusin” katanya setngah memaksa, dan langsung lurusin kaki gw yang nekuk dikit.

“Nah, gitu bang. Tunggu yah Bang.” Dia lalu keluar kamar. Gak lama, dia balik bawa bedcover dari kamar sebelah.

“SEKARANG KITA MAIN MAYAT-MAYATAN BANG..!! HAHHAHAHAHA” katanya sambil ketawa2. Glek. Gw nelen ludah. Tadinya mau nelen sirop tapi takut batal.

Fanny langsung nutupin seluruh badan gw pake bedcover, sementara gw cuma bisa nangis di balik bedcover, seolah2 keperjakaan gw telah direnggut. Dia ketawa2 girang, dan sampe sini gw jadi yakin kalo ternyata setan gak dikurung selama puasa.

Setelah puas nutupin badan gw, dia tiba2 bilang “Bang, mayat kan gak napas. Jadi abang harus tahan napas”.

*GLEK* Gw nelen ludah lagi. Kali ini dicampur sirup marjan biar enak.

Sebelum gw tahan napas, tangannnya tiba2 nutup idung gw yang masih tertutup bedcover. Idung gw dibekep, gw gak bisa napas. Saat itu gw merasa kalo mungkin ini hari terakhir gw bisa liat Nazaruddin di tipi. Tapi entah darimana, gw dapet pencerahan. Gw kepikiran untuk napas lewat mulut. Yak, NAPAS LEWAT MULUT!!! Napas lewat mulut yang bau naga lebih tepatnya.

Fanny masih ketawa2, gw masih napas lewat mulut, dan Krisdayanti masih sama Raul Lemos, sampe akhirnya Fanny sadar kalo gw bisa napas. Dia sadar, dan tangan dia yang satunya lagi langsung bekep mulut gw!! TANGANNYA JADI BEKEP IDUNG DAN MULUT GW!!!!!

“Bang, kok napas sih? Kalo mayat kan gak bisa napas? Hahahahaha” dia ketawa. Gw makin nangis. Sedih, mikirin nasib gw dan nasib anak-istri Nazarudin. Setelah selesai, ternyata gw masih idup. Gw lalu lari ke kamar mandi, duduk, dan nangis sambil megang shower. Permainan ekstrim kayak gini ternyata masih suka dimainin ama itu anak. Setelah dulu pernah sukses dengan permainan ‘mari-menyiksa-sodara’-nya, dia pun nyiptain permainan lagi : ‘mari-ngebekep-sodara’ T.T

Buat yang ingin nyobain game ini, gw kasih tutorialnya (sebaiknya didampingi oleh ambulance terdekat) :

1. Suruh sodara anda tiduran di kasur dengan posisi telentang dan kaki lurus.

2. Ambil bedcover, atau selimut, atau kain (asal jangan kain kafan), lalu ‘bungkus’ badan sodara anda dengan kain tersebut sampai gak terlihat sama sekali.

3. Bekep idung sodara anda, kalo perlu colokkin jari ke idung, dan bekep juga mulutnya sampe megap2.

4. Jika sodara anda megap2, berarti permainan ‘mari-ngebekep-sodara’ anda sukses. Tapi jika sodara anda sampai gak bergerak, berarti permainan anda kebablasan.

Selamat mencoba, semoga gak kebablasan.

Posted on Jumat, Agustus 05, 2011

Ramalan Cuaca Ala Gw

By Afaa Alghifaary di Jumat, Agustus 05, 2011


picture by : jamil latif


Met siang semua. Gimana puasanya? Lancar? Alhamdulillah kalo lancar. Kalo gak lancar, minum laxing aja. BAB lancar, celana longgar #lho.

Akhir2 ini cuaca susah banget diprediksi. Kadang panas, kadang ujan. Pas siang cerah, lewat magrib langsung gelap (*yaiyalah, orang udah malem -__-“). Cuaca gak jelas ini kemungkinan besar disebabkan oleh efek film Putri Yang Ditukar yang gak abis2. Jangan kalian tanya hubungannya apa, karna gw juga gak tw. Kecuali klo kalian nanya berapa harga kaos kutang, baru gw tw.

Atas dasar itulah, dengan bermodalkan pengalaman pernah jualan nasi uduk di depan kantor BMKG, gw pun mencoba meramalkan cuaca di beberapa kota besar di Indonesia. Dan kota yang beruntung yang akan gw ramal yaitu : Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, dan Bojonggede.

1. JAKARTA. Perkiraan Cuaca : BIMBANG

Cuaca di Jakarta cenderung bimbang. Bukan, bukan tukang bakso yang suka mangkal deket rumah. Kalo itu mah Bambang. Yang dimaksud bimbang disini adalah, cuaca yang tidak menentu. Kadang hujan, semenit kemudian panas. Lalu hujan lagi, semenit kemudian panas lagi. Abis itu hujan lagi, semenit kemudian panas lagi. Begitu terus sampe gw pegel nulis “hujan-semenit-kemudian-panas”.

Cuaca seperti ini bukan tanpa sebab. Ini disebabkan karena Jakarta Kota Metropolitan, dengan beragam manusia yang tinggal disini. Ada yang cewek, cowok, dan setengah mateng. Nah, makhluk yang setengah mateng ini yang mempengaruhi cuaca di Jakarta. Setiap ke wc mereka bimbang, mw masuk ke wc cowok ato cewek. Dan cuaca Jakarta pun menjadi bimbang, mw hujan atau panas (*iya tw gk nyambung)

2. BANDUNG. Perkiraan Cuaca : GALAU

Bandung adalah kota fashion. Kota mode Indonesia. Kotanya anak2 gaul. Banyak tempat tongkrongan dan distro disana. Dari Dago, Riau, Ciwalk, sampe Yahukimo (*ngomong2 Yahukimo ada di Bandung gak sih? :D).

Sedikit banyak, anak gaul mempengaruhi cuaca di Bandung. Rata2 ciri anak gaul yaitu : ngomong kayak org lagi nahan muntah dengan logat “helllloooooh”-nya yang bikin kita pengen ngelempar pake batu, dan sifat yang hampir pasti dimiliki semua anak gaul adalah : GALAU. Yap, anak gaul dan anak galau gak beda jauh. Anak gaul pasti pernah galau, walaupun anak galau belum tentu anak gaul. Tapi intinya mereka ampir sama. Nah, sifat galau inilah yang mempengaruhi cuaca di Bandung. Pada akhirnya, cuaca di Kota Kembang ini pun jadi ikut2an galau, antara panas dan hujan. Bisa aja hari ini panas, 4 bulan kemudian ujan (*yaiyalah, itu kan udah musim ujan -__-“)

3. JOGJAKARTA. Perkiraan Cuaca : LABIL.

Pernah denger lagu Endank Soekamti yang judulnya BAdaJIdiNGAdaN? Kalo belom, sama, gw juga belom. Hehe.

Dalam lirik2 lagu itu, ada kata2 : KIMCIL. Okeh, sekali lagi, jangan tanya gw kimcil itu apa, karna lagi2 gw gak tw. Tapi waktu gw tanya ke temen gw, seekor blogger Jogja, Wawan namanya (nama malem : Wance), kimcil itu singkatan dari kimplian cilik. Yaitu semacam abege abege labil (*kalo gk salah. Kalo gw salah koreksi yah) yang klo pake jilbab gak bener, dan suka nonton sinteron Islam KTP sambil nangis sesenggukan.

Sifat ababil kadang gak jelas : hari ini ceria, besok sedih. Hari ini hari Jumat, besok hari Sabtu (*gak nyambung lagi). Pokoknya gak jelas deh. Dan sayangnya, cuaca di Jogja mengikuti sifat2 para kimcil ini. Gak jelas. Sifat ababil di Jogja, kadang ceria kadang sedih. Sama seperti cuaca di Jogja, kadang cerah kadang hujan. (*lap ingus).

4. SURABAYA. Perkiraan Cuaca : TIDAK TEGAS.

Menurut penerawangan gw, cuaca di Surabaya tidak tegas. Ini malah berbanding terbalik dengan kultur manusia disana. Orang Surabaya cenderung tegas dan keras (*mohon maaf kalo salah, tolong koreksi yah :D), tapi cuaca disana justru tidak tegas. Seperti para anggota DPR yang gak tegas. Padahal dulu Pong Harjatmo pernah nyoret2 atap kura2 gedung DPR dengan tulisan : JUJUR, ADIL, dan TEGAS. Yah, tegas. Kasian juga si Pong, udah capek2 manjat ke atap, tapi aspirasinya gak didengerin.

Nah, yang jadi masalah sekarang adalah, kenapa gw jadi ngomongin Pong Harjatmo? Kan tadi gw lagi bahas cuaca di Surabaya.. zzzzzzzzzzzzzz… *nangis sambil ngorek2 jamban T.T

Intinya, cuaca di Surabaya berbanding terbalik dengan orang2 disana. Cuaca di Kota Pahlawan itu tidak tegas, antara hujan dan panas.

5. BOJONGGEDE. Perkiraan Cuaca : RAGU.

Cuaca di kota terbesar di Indonesia ini ragu2, apakah hujan atau panas. Gw pernah tinggal di tempat yang populasinya gak lebih banyak dari populasi nyamuk kebon ini. Waktu itu, ketika mw berangkat sekolah hujan turun deras banget. Eh, besokannya tuh hujan udah berenti. Ragu kan? Kalo mw ujan ya ujan, jangan sekarang ujan besoknya panas!! #emositingkatlangit

Itulah ramalan cuaca dari gw. Setelah gw perhatiin, gw baru ngeh ternyata ramalan cuaca dari gw isinya semua sama : kadang2 ujan kadang2 panas. Tapi emang begitulah Indonesia, Negara dengan 2 musim, hujan dan panas (*musim duren, musim layangan, dan Musim Alatas jangan diitung yah). Berarti ramalan gw terbukti bener kan?? Huahahahaahaha.. Gak percuma gw 17 taun dagang nasi uduk di depan kantor BMKG (*kibas bulu ketek).