Baca blog gw sama aja kayak baca tulisan cacat dan gak berbobot. Gak akan ada kata-kata ato cerita yang bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa. Paling cuma bisa buat obat susah eek aja. Karena cerita disini berpotensi membuat anda mual-mual dan mules-mules.. hehe
Posted on Kamis, November 13, 2008

Karma Terjadi Kapan Saja dan Wejangan dari Sang Dosen

By Afaa Alghifaary di Kamis, November 13, 2008

Tau karma gak...?? Apa..? Penyanyi dangdut..?? Itu mah Mara Karma.. hehehe.. (*tau aja gendang dangdut..)

Kemaren, karma treajdi ke gw. Hari Rabu, pas mata kuliah Perilaku Konsumen, dosennya nanya ke kelas gw, "Nanti UTS soalnya mau soal apa..? Pilihan ganda, apa essay..?"

Tiba-tiba Made nyeletuk, "Essay 10 pilihan ganda 2 bu..,"

Bu Sri Redjeki, nama dosen itu (nama yang aneh... pasti nama panjangnya Sri Redjeki Nomplok.. hehe..) langsung bilang ke Made, "Udah mas.. jangan ngasih usul. Baru masuk sekali aja udah ngasih usul.."

Wahahahahaa.... anak-anak pada ketawa.. Mampuusss... seneng banget gw... wahaha..

Made langsung diem.. Dia emang baru pertama kali masuk mata kuliah ini. Bayangin, selama 2 bulan lebih kuliah, dia baru masuk sekali di mata kuliah Perilaku Konsumen.

Nah, kan mata kuliah perilaku konsumen selesainya jam 1, sementara mata kuliah kedua, Riset Operasional baru mulai jam setengah 3. Masih ada waktu 1 jam setengah jeda waktunya.

Akhirnya gw, Indah, Made, Adit, Kobe, Putra, ama Duta mutusin buat ke kosan Duta dulu. Disana, gw cengin (cela) Made abis-abisan. Masalahnya dia ngomongin mata kuliah Perilaku Konsumen melulu.

"Udah De... Gak usah dipikirin. Lo mah enak, mata kuliah Perilaku Konsumen udah pasti dapet nilai maksimal E... Selamet ye De.. Wahaha..."

Gw cela-cela terus ampe perut sakit.

Kebetulan, di mata kuliah yang kedua, giliran gw yang jarang masuk, baru masuk 2 kali (masih mending sih, daripada baru sekali). Sementara Made baru bolos 2 kali. Si Made pun ngajak gw bolos lagi..

"Fa.. bolos yuukk.. gw bayarin deh lo makan... ama nonton sekalian.."

Gw jawab aja, "Udaaah.. gak usah repot-repot. Daripada lo traktir gw, mendingan lo kumpulin duit buat biaya ngulang taun depan. 1 sks kan 100 ribu. Perilaku Konsumen 2 sks, jadi lo mesti kumpulin 200 ribu. Wahaha..." gw masih ketawa.. "Belom biaya ngulang semester 1 ampe 4..."

"Lo juga, mata kuliah kedua bakalan ngulang, baru masuk 2 kali..." Made gak mao kalah.

Tapi Adit bantuin gw, "Dia mah Riset Operasional ada praktikum penunjang, jadi enak.. gak mungkin dapet E.. Nah lo, maksimal dapet E... MAKSIMALLLL.. Wahaha..."

Gw masih ketawa setan, ampe pas masuk jam kedua.

Karena keasikan ngobrol, kita jadi lupa waktu. Bayangin, yang harusnya masuk jam setengah 3, kita baru masuk jam setengah 4 lewat.

Satu persatu anak rajin kosan Duta masuk ke kelas. Pertama Putra, disusul Indah, Adit, Kobe, Gw.. dan tiba-tiba ada suara dosennya.. "Itu yang gagah.. duduk di depan.."

Gw cuek aja jalan ke bangku belakang... Di pikiran gw, yang gagah kan Kobe. Tinggi, putih, badannya tegap, pokoknya selera homo banget deh.. hehe..

Sedangkan gw, item, badan penuh kutu (anjing kali..??!!), dan kalo jalan kaki semper sebelah.. hehe..

Gw tetep jalan ke belakang, dan tiba-tiba... "ITU YANG PAKE KACAMAT... DUDUK DI DEPAN...!!!!!"

Dosennya tereak sambil marah-marah. Gw kaget. Setau gw, yang pake kacamata cuma gw doank..?? Berarti gw donk yang disuruh duduk di depan..

Gw nengok ke arah dosennya, dan si dosen bilang, "Iya.. Kamu duduk di depan..."

Gw pun melangkah ke depan diiringi ama tawa anak-anak sekelas. Gw tempelin pantat ke bangku, dan duduk di bangku depan. Sendirian. Hikz.... T_T

Di depan, gw ajdi bulan-bulanan dosen. Pertama gw langsung ditanya, "Apa itu tabel simpleks optimal...?"

Gw bengong. Simpleks..?? Kalo tripleks gw tau.. Gw geleng-geleng kepala dengan lemah. "Gak tau Pak.." jawab gw lemes.

"Kenapa gak tau..??" si dosen nanya lagi. "Jarang masuk Pakk...!!" Made nyeletuk dari belakang. Anjrriitt.. sekarang giliran dia yang nyela-nyela gw. Nyesel gw tadi nyela dia. Cepet banget yah karma terjadi..??

"Nah.. betul itu.. Udah jarang masuk, dateng terlambat terus..."

Dia nanya lagi ke gw, "kamu pinter yah..??" gw geleng-geleng. "Kalo gak pinter, kok jarang masuk..?? Lagian, muka kamu kayak orang pinter.."

Tadi gw pengen bilang, don't judge a book by it's cover. Tapi gw takut dilempar pake buku ama koper. Yaah.. casing kan gak selalu sama ama dalemnya. Muka gw emang kesannya kayak orang pinter.. Tapi otak gw.. hikz.. T_T

"Kenapa kemaren-kemaren gak pernah masuk..? Kamu aktivis Green Peace...? Ato World Peace..?" gw geleng-geleng lagi. "Kok kalo bukan aktivis gak pernah masuk..?"

Gw pun udah siap pengen jawab, "Saya bukan aktivis Green Peace pak, tapi aktivis Pipiss.. terutama pipiss di bawah pohon... saya ngedukung banget.. Bapak mao tips pipis di bawah pohon yang baik dan benar...??", tapi akhirnya gak jadi. Gw pun jawab jujur, "Saya ketiduran Pak.."

"Ini orang tuanya mesti tau nih..??" Waahh.. gw kaget dosennya ngomong gitu.. "Berapa nomor telpon orang tua kamu..?" anak-anak masih ketawa..

Gw mulai cari-cari alesan.. "Orang tua saya gak punya henpon pak.."

Dia heran, "Masa orang tua kamu gak punya henpon..? Klo nomor telpon rumah..?"

"Gak ada juga Pak.." jawab gw cepet. Bahaya kalo tuh dosen tau nomor bokap ato nyokap gw.. Serreem..

Lalu dia ngasih wejangan yang bikin gw semangat.. "Kamu tuh harus bikin bangga orang tua. Kasian orang tua, mati-matian cari duit buat bayar kuliah.." Gw angguk-angguk. Bukannya ngerti, tapi ngantuk.. hehe..

"Kamu mesti punya pride, kebanggaan... Kalo kamu pinter, rajin, orang tua pasti bangga. Orang tua tuh gak bakal minta duitnya yang udah dikeluarin buat ngurus kamu dibalikkin kalo kamu udah kerja. Orang tua cuma minta satu, kamu harus jadi orang yang bisa dia banggakan. Gimana caranya..? Ya kamu harus rajin belajar.."

Disaat gini gw pengen nangis. Bukannya apa-apa, soalnya gw baru inget kalo gw belom makan daritadi.. Laper banget, jadi pengen nangis.. wehehe...

"IP kamu berapa..?" dia nanya lagi. "2,8 pak.." jawab gw singkat.

"Gak kegedean tuh..?" para penonton di belakang gw nyeletuk. Anjingg.. emang kegedan sih.. Kan harusnya IP gw cuma 2,52 ... hehe..

"Tuh.. kan udah lumayan.. kamu harus rajin lagi yah.... Biar bisa tembus sampai angka 3.." dosen itu ngomong dan untungnya gak ngeh apa yang diceletukin anak-anak..

Terus pelajaran dimulai lagi. Pas mao pulang, dia bilang.. "Kamu mau berubah gak..? Kalo mau, saya bakal bantu nilai kamu.." Gw ngangguk.. "Yaudah, minggu depan jangan telat lagi ya.. Masuk jam setengah 3. Kan minggu depan masuk kelas terakhir sebelum UTS.. Ingat, bikin bangga orang tau kamu dengan prestasi.."

Gw ngangguk, dan melangkah keluar kelas. Yaap.. gw akan berubah.. Tapi gak janji yeee... hehe..

2 komentar

putrijeruk on 26 November 2008 14.12  

parah lo ry, boongin dosen..
ntar kena karma lagi lho ehehe


kenyo on 15 Desember 2008 10.55  

ahahahaha....makanya nurut ama dosen biar pinter, btw kuliah dimana nih? hehehe...

slm kenal yak...

(gw komen juga di postingan lo about jcc n SPG hahaha....kocak bener)