Baca blog gw sama aja kayak baca tulisan cacat dan gak berbobot. Gak akan ada kata-kata ato cerita yang bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa. Paling cuma bisa buat obat susah eek aja. Karena cerita disini berpotensi membuat anda mual-mual dan mules-mules.. hehe
Posted on Senin, Januari 11, 2010

Mengetahui Sifat Manusia dari Status Facebooknya

By Afaa Alghifaary di Senin, Januari 11, 2010

Holaa.. akhirnya gw posting lagi. Setelah sekian lama, jujur gw udah mulai bosen ama yg namanya posting. Apalagi posting kehidupan sehari-hari gw. Kadang-kadang gw mikir juga, siapa gw? Gw bukan artis, gw bukan seleb, dan gw juga bukan orang terkenal yang cerita kehidupannya selalu dinanti-nanti orang lain. Malahan, kayaknya gw ama tukang bakso masih ngetopan tukang bakso. Buktinya, pas kemaren gw pulang kuliah, kebetulan gw jalan deketan ama tukang bakso, yang dipanggil-panggil ama seorang cewek dari dalam rumahnya adalah si tukang bakso, bukan gw. Suatu bukti kalo gw gak ngetop kan?

Maka dari itu, di postingan kali ini, khusus di postingan ini gw gak nyeritain kejadian sehari-hari gw. Tapi topik kali ini adalah fenomena status facebook seseorang. Bagaimana kita bisa mengetahui seseorang dari status facebooknya.

Kenapa gw mengambil tema ini? Tadinya gw mao nulis tentang Bank Century, tapi gak ngerti. Kalo nulis tentang Bang Udin (tukang gas dan aqua galon langganan) yang baca nanti malah bingung. Makanya gw ambil tema ini aja. Lagipula, sebagian besar yang baca blog gw pasti pada punya facebook, dan pastinya hobi juga gonta-ganti status. Siapa tau setelah baca tulisan gw, para facebookers bisa tau dia masuk ke tipe yang mana..?

Okeh, kita mulai tulisannya. Gw udah mengklasifikasikan manusia-manusia tersebut ke beberapa tipe, yaitu:

1. Manusia Gila Update
Tipe seperti ini adalah tipe manusia yang selalu update statusnya dimanapun, kapanpun, dan dalam keadaan apapun. Bahkan kadang-kadang berisi hal-hal yang gak penting. Contoh : “shopping with my sista” ato “lagi boker nih di jamban”
Tipe ini masuk jajaran paling atas karena mereka-mereka yang gila update adalah orang-orang yang selalu eksis tiap menit, bahkan detik. Dalam sehari upadate yang dibuat bisa berkisar antara 6 sampai 10 kali. Bahkan lebih.

2. Manusia Curhat
Tipe seperti ini biasanya selalu mencurahkan perasaan hatinya di status. Kebanyakan orang-orang yang termasuk manusia curhat otaknya terlalu banyak diracuni oleh sinetron-sinetron sampah serta acara-acara reality show gak jelas. Contoh : “kenapa sih kamu ninggalin aku? Aku masih sayang banget sama (duit) kamu” ato “terima kasih yah udah memberikan aku rasa sakit hati yang dalam”

3. Manusia Ngeluh
Dimanapun dan kapanpun isi statusnya selalu ngeluh, ngeluh, dan ngeluh. Kayaknya apa yang terjadi di hidupnya gak ada yang ngenakkin. Contoh : “arrgghh.. Jakarta panas banget sih!! Kan gw takut item..!!” ato “eeerrrr… kenapa sih pas lagi lampu merah semua kendaraan pada berenti? Kan jadi macet…!!”
*sorry, yang status terakhir ini gw juga gak tau dia sebenrnya manusia tukang ngeluh ato manusia bego?? Ya namanya lagi lampu merah semua kendaraan jelas pada berenti lah...!!

4. Manusia Sombong
Sebenernya tipe seperti ini gak bermaksud buat menyombongkan diri. Tapi kadang-kadang isi statusnya bikin hati kita jadi panas dan mupeng. Contoh : “iiihh… tuh jam tangan harganya murah banget sih.. cuma 20 juta..” ato “haddoh.. capek banget abis bawa Porsche 911 gw ngerasain aspal Jakarta”

5. Manusia Pujangga
Tipe seperti ini selalu menulis status dengan kata-kata yang gak mudah dicerna, dan banyak perumpamaan yang digunakan layaknya seorang pujangga. Contoh : “kita semua seperti sayap-sayap yang luka. Takkan bisa terbang melintasi langit bila tidak disembuhkan..”
*maksud dari kalimat contoh itu juga apa, gw gak tau..? Cuma asal nulis aja.. hehe

6. Manusia Potongan Lagu
Biasanya statsunya berisi potongan-potongan dari lirik lagu. Bisa lagu barat, lokal, ato bahkan lagu dangdut. Contoh : “bila rasaku ini rasamu. Sanggupkah engkau, menahan sakitnya terkhianati cinta yang kau jaga..” ato “pintu surga… pintu surga.. kenapa tak pulang-pulang? Anakmu, anakmu, panggil-panggil namamu..”
*dari lagu Pintu Surga-nya Gigi di medley ke lagu Bang Toyyib.

7. Manusia English
Tipe ini sebenarnya masuk ke semua tipe diatas, tapi bedanya mereka menggunakan bahasa Inggris di dalam statusnya (untung bukan pake bahasa anjing yah? kalo iya, mungkin cuma gw doank yang ngerti.. hehe). Contoh : “I gun thank” ato “be are the kill young pen think care end”

8. Manusia Sok English
Tipe seperti ini yang sebenernya gw males ngeliat statusnya. Kalo tipe di atas kan emang mereka biasanya mengerti dan menguasai bahas Inggris. Tapi di tipe ini, dengan tujuan agar orang-orang yang membaca mengira dia jago English, akhirnya hanya ada satu atau dua kata English di dalam statusnya. Dan itu pun cuma kata-kata yang dasar, yang bahkan anak SD pun bisa buat nulisnya. Kadang-kadang malah grammarnya kacau dan penyusunan kata-katanya gak jelas. Contoh : “jangan salahin gw kalo sekarang gw gak respect lagi ama lo. Karna lo sendiri yang bikin gw different..” ato “sebenarnya hati ini sungguh sangat tidak rela tuk melepasnya. I will try maybe its not easy”
*contoh status yang ni gak gw buat-buat. Ada temen gw yang tiap nulis status selalu sok English..

9. Manusia Alay
Satu lagi tipe yang bikin gw amat sangat terlalu males sekali banget buat ngebacanya. Para alay biasanya selalu menulis status mereka dengan tulisan-tulisan alien gak jelas yang melebih-lebihkan suatu kata yang simpel jadi begitu ribet dan susah buat dibaca. Entah apakah mereka malu kalo memakai bahasa Indonesia yang wajar, gw juga gak tau maksud dan tujuan para alay menggunakan bahasa alien mereka. Dalam manusia alay, gw membagi alay dalam beberapa tipe :

*ALAY TIPE A
Alay seperti ni adalah alay yang sok imut. Selalu mengganti huruf ‘S’ dengan ‘C’, huruf ‘R’ dengn ‘L’, dan lain-lain. Mungkin tujuannya agar keliatan lucu dan imut, tapi yang ada malah kayak bayi gorila cacat lagi belajar ngomong. Contoh : “caaiiaa caaiiaank banjed cama pacalld caaia.”

*ALAY TIPE B
Kalo alay yang ini, membuat bahasa yang mudah jadi bahasa orang bulan lagi marah-marah sambil kumur. Singkatnya, kata-kata yang simpel diubah jadi ribet banget dengan beberapa tambahan huruf yang bisa bikin mata jadi juling. Dan biasanya huruf dalam bahasa alay ini selalu dicampur antara yang kapital dan tidak. Contoh : “hUff.. pAccaLLd aKooH kEmAnah iiaAh..?? kOgh daRitaDi gUgh keLiaTandTh ciiHH..? CUma cEmeZz aMa pOn dUaMzz.. dTeNg kE hUma dUndZz..”

*ALAY TIPE C
Ini adalah alay dari segala alay. Raja dari segala raja alay. Alay yang selalu diagung-agungkan oleh para alay (halah.. lebay). Tipe seperti ini adalah tipe yang ngebuat gw pengen muntah tiap ngebca statusnya. Karena tipe seperti ini adalah gabungan dari tipe alay 1 dan 2. Bahkan dengan kombinasi aneh mengganti beberapa huruf dengan angka. Contoh : “h3r4NdtH d3cH cAaii4a m4 bH4s4 4LLaii.. 5Ump4H, riB3dth 54n9adTh.. hUffH.. cUm4 nULizz 6nE dUamzz, maT4 caAiiA 4mP3 j3r3Ng s3mbiL4n puLLuHh d3r4jadTh..”
*sumpah.. pala gw ampe pusing gara-gara nulis bahasa sampah ni. Mata juga rasanya ampe muter 60 derajat, dan pengen muntah. Kok alay-alay pada kuat ye pake ni bahasa..?

10. Manusia Penanya
Tipe seperti ini adalah tipe orang yang selalu bertanya di statusnya. Mungkin mengharapkan solusi dari yang membaca agar pertanyaannya bisa terjawab. Tapi tipe seperti ini lebih sering menanyakan hal-hal yahng kurang penting. Contoh : “enakkan mana yah buat makan siang, ikan ato cumi..?” ato “nyuci udah.. ngepel udah.. benerin genteng udah, gali sumur juga udah.. enaknya sekarang ngapain yah..?”

11. Manusia Sok Sibuk
Tipe ini biasanya menulis status seolah-olah dia adalah orang yang paling sibuk, banyak acara, dan orang-orang selalu membutuhkan dia. Contoh : “bingung nih.malming banyak acara. Temen SD ngajak ke Kemang, temen SMP mao maen billiard, temen SMA ada party di Embassy. Gw ikut temen kuliah aja kali yah, nongkrong di Senayan..?”
*padahal tipe kayak gini, pas nulis status diatas lagi tiduran di kamar sambil garuk-garuk selangkangan gara-gara gak ada yang ngajakin dia keluar malem.. hehe

12. Mausia Informan
Tipe seperti ini ampir mirip ama tipe manusia sombong. Mereka biasanya gak sadar kalo udah jadi informan buat semua orang. Kadang informasinya berguna buat semua orang, tapi banyak juga yang infonya malah gak penting. Contoh : “widdihh.. ngeliat dari kereta, jalan di tanjung barat yang dari Jakarta menuju Depok banjir gara-gara ujan tadi siang. Buat para pengendara, atai-ati rawan kecelakaan” (ini yang masih berguna) ato “sekedar info, daerah rumah gw ujan..” (lah terus..?? emang ada yang mao ke rumah lo..? hehe)

13. Manusia Pedagang
Statusnya berisi barang dagangannya, dengan harapan barang tersebut bisa cepat laku dijual. Contoh : “dijual flashdisk 8GB hasil nemu diwarnet. Harganya murah, cuma 80 ribu..”
*eheemm.. ni status siapa yah..? biasanya orang yang punya ni status baca blog gw terus.. hahaha

14. Manusia Irit Status
Tipe seperti ini biasanya hanya menulis status dengan satu ato dua kata yang berisi kata-kata yang menggantung dan mengundang kontroversi. Dengan harapan orang-orang banyak yang mengomentari statusnya. Contoh : “berakhir..” ato “mengapa?” dan bisa juga “andaikan..” (andaikan apa..? andaikan lo dilindes delman..? hehe)

So, masuk ke tipe manakah anda..?

NB : oiya.. follow twitter gw ye.. masih baru nih, belom ada yg follow.. ^^

4 komentar

putrijeruk on 15 Januari 2010 10.56  

bang, belajar dari mana gaya tulisan alay? pusing liatnya hehe

terus, bang fary tipe yang mana ini??

eiya, itu twitternya jangan dicuekin bang.. :)


fary. . . on 15 Januari 2010 14.30  

hahha.. tu riset ilmaiah yang gw ma temen gw lakuin selama dua bulan ndah.. (*kurang kerjaan)

wew.. kan gw kagak ngerti twitter..? kalo twitty gw tau.. (*yg musuhnya silvester)

nti gw liat deh twitter gw... ^^


gema mochamad on 15 Januari 2010 16.37  

sayalah manusia pedagang itu...
itu status gw knp ada di situ... kurang asem.. haaaaaahaaaa


Anonim on 12 Januari 2011 16.09  

Loe bwt status di fb,sama dgn yg loe ceritakan di atas,pengalaman loe sendiri ya itu,ngaca dong makanya