Baca blog gw sama aja kayak baca tulisan cacat dan gak berbobot. Gak akan ada kata-kata ato cerita yang bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa. Paling cuma bisa buat obat susah eek aja. Karena cerita disini berpotensi membuat anda mual-mual dan mules-mules.. hehe
Posted on Kamis, Maret 18, 2010

Tips Ngasal Menghadapai UAN

By Afaa Alghifaary di Kamis, Maret 18, 2010

Bulan Maret, adalah bulan deg-degan buat anak kelas 3 SMA tauhn ini. Kenapa..? karena di bulan ini akan diadaian yg namanya UAN alias Ujian Akhir Nasional ato menurut gw Ujian Akhirnya Nyontek.

Gw jadi inget pas masa-masa SMA dulu. Waktu itu, nilai UAN gw cukup tinggi : 28,07 dari 3 mata pelajaran, yaitu Ekonomi, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Bukan, hasil itu bukan gw dapetin dari bertapa di Gunung Sahari selama 3 hari 2 menit, tapi hasil itu gw dapet dari belajar dengan sungguh-sungguh (baca : nyontek dengan sepenuh hati).

Waktu itu, komentar dari Bu Rasmi, guru Ekonomi gw pas tau gw dapet nilai segitu adalah : “Nilai ini gak berkorelasi sama kelakuan kamu sehari-hari di sekolah”.

Yang gw heran, emang dulu kelakuan gw kayak gimana yah..? perasaan sama aja kayak anak laen. Makan di kantin, pipis di pohon, pupup di pojokan kelas, dan sering guling-gulingan di lapangan sekolah. Wajar kan..? Iya kan..? *buat binatang iya wajar.. hehe..

Belom lagi komentar dari Pak Mul, guru sejarah, “Kamu harus buktiin kalo nilai kamu ini benar-benar dari kemampuan kamu. Kamu harus bisa masuk kampus negeri”. Gw pun terlecut oleh kata-kata Pak Mul. Setiap hari gw belajar biar bisa masuk kampus negeri. Dan hasilnya sekarang...??


GW GAK MASUK NEGERI DAN KULIAH DI KAMPUS SWASTA UNIVERSITAS GUNADARMA...!! T.T


Pas UAN dulu, ada beberapa anak dari sekolah gw yang gak lulus. Nah, dengan alasan itu, gw pengen ngasih beberapa tips yang Insya Allah gak bermanfaat buat anak-anak yang akan menghadapai UAN bulan ini.

TIPS MENGHADAPI UAN DARI GW :

1. BELAJAR DIMANAPUN DAN KAPANPUN

Selalu belajar dimanapun dan kapanpun. Kalo misalkan abis beli gorengan, liat bungkusnya. Disitu ada hal yang bisa dipelajari, kayak kertas dibuat dari apa, terus ada berita apa di koran yang buat bungkusan tadi, ato apakah abang-abang tukang gorengannya udah mandi apa belom..? dulu pas mao ujian Bahasa Inggris, setiap nemu kata dalam Bahsa Indonesia, gw selalu berusaha buat men-translate-nya. Kayak kata : teh gigi bilang sesuatu ledakan ayam jantan, yang gw translate menjadi : TEA TEETH SAY A BANG COCK (baca : TITIT SAYA BENGKOK).

2. PERHATIKAN MATA PELAJARAN APA YANG AKAN DIUJIKAN

Sebelum belajar, perhatikan mata pelajaran apa yang akan di ujikan. Jangan besok ujian Matematka, tapi lo malah belajar tata boga. Gak nyambung boo...!! inget, sebelum belajar, perhatikan mata pelajarannya.

3. BERDOA SEBELUM MENGERJAKAN SOAL
Berdoa itu penting. Amat sangat penting. Berdoalah sebelum mengerjakan soal. Jangan kayak temen gw, pas mao ngerjain soal, bukan berdoa malah maen sirkus. Alhasil tangannya patah dan gak bisa ikut UAN.. hehe.. *gak deh. Berdoa dengan tulus kemungkinan besar doa kita akan dikabulin Tuhan. Kayak isi doa gw pas UAN yang amat sangat tulus, “Ya Allah, semoga selama UAN ini, saya bisa nyontek dengan tenang, nyaman, dan sentosa. Amiinn..” dan akhirnya doa gw dikabulin.. hehe

4. PERHATIKAN SOAL DAN BACA DENGAN TELITI

Kadang kala soal-soal di UAN itu menjebak. Bukan, bukan di kertasnya diisi jebakan tikus terus kalo tangan kita kena bisa tetanus permanen. Tapi dari kata-katanya, banyak soal-soal UAN yang menjebak. Contoh : “Budi disuruh ibunya membeli cabe 2 ons, kol 1 ons, dan terigu setengah kilo. Harga 1 ons cabe adalah Rp.2000, harga 1 ons kol Rp. 2500, dan harga 1 kilo terigu Rp. 6000. PERTANYAAN : BELI DI WARUNG MANAKAH BUDI..? a. warung mpok minah, b. warung bu surti, c. warung jeng kokom, d. suka-suka dia mao beli dimana juga. kenapa lo yang repot?? kan gak pake duit lo ini..?”

5. SERVIS PENGAWASNYA DENGAN MINUMAN DAN MAJALAH
Pas gw UAN dulu, kita sekelas patungan buat men-servis pengawas dengan minuman dan majalah. Cukup teh botol dan beberapa koran serta majalah yang ditaro di meja, bisa buat pengawas lupa dan akhirnya lebih milih baca koran daripada mengawasi kita.
Inget minuman kalo bisa teh botol. Teh botol jangan diganti sama jus racun. Sekali lagi jangan..!! dan koran juga kalo bisa koran yang baru. Jangan koran taun 60an, waktu pemberontakan G 30 S / PKI masih marak-maraknya. Pengawas juga bosen baca yg begitu.

6. KELUARKAN JURUS ANDALAN
Nah, kalo kelima tips tadi gak berhasil, keluarkan jurus andalan : NYONTEK..!! dan kalo nyontek juga gak berhasil, keluarkan plan B : BUNUH DIRI DENGAN CARA MAKAN SOAL-SOAL UAN YANG ADA DI KELAS AMPE KESELEK..! semoga berhasil (bunuh dirinya).. salam pipis, love, and cabul..

NB : Akhirnya proposal skripsi gw DITOLAK. 2 bulan perjuangan yang sia-sia buat dapetin SK skripsi. Sekarang mao gak mao gw harus kompre. Nasib, nasib.. T.T

6 komentar

Anonim on 18 Maret 2010 15.11  

wah, anak bangsa indonesia benar-benar mengalami degradasi akhlak dan moral, terbukti dengan tidak jujurnya siswa SMA dalam ujian nasional seperti yang tertera di blog ini.*turut prihatin*


Anonim on 18 Maret 2010 17.04  

wew..
bagus juga ideny.. haha
dulu lo juga praktekin ntu g?
hahahah :D


fary on 18 Maret 2010 21.09  

> anonim pertama : haha.. jgn munafik lah.. gw sih orgnya fair-fairan aj.. jaman gw dlu, un tu lg brat2nya.. yg gk lulus msti kjar pket c.. ya gw sih jujur, gw nyontek.. plus bljar jg dr soal2 yg lama.. dan asal anda tw, untuk mta pelajaran bhsa indnesia ma eknmi, gw SAMA SKALI GK NYONTEK.. tu dr hsil kringet sndri.. cm bhsa inggrs doank gw nyntek..

> anonim kedua : haha.. gk smuanya kok.. tu tulisan kan cm bwt lebay2an aja.. :D


Ronney on 26 Maret 2010 18.35  

Bukan maksud buat spam cuma kenalin blogku
http://zona-orang-gila.blogspot.com
Apa aja ada disini


putrijeruk on 5 April 2010 14.00  

sekalian aja bang, pura-pura ayan :D


adam on 5 April 2010 20.38  

ngakak guling2 gw XD
post2nya lucu2 XD