Baca blog gw sama aja kayak baca tulisan cacat dan gak berbobot. Gak akan ada kata-kata ato cerita yang bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa. Paling cuma bisa buat obat susah eek aja. Karena cerita disini berpotensi membuat anda mual-mual dan mules-mules.. hehe
Posted on Minggu, Februari 12, 2012

Kamus Besar Bahasa Zami

By Afaa Alghifaary di Minggu, Februari 12, 2012


Buat sebagian besar orang di dunia ini, berbicara itu sesuatu yg mudah. Tinggal ngomong, dan orang akan ngerti apa yang kita maksud. Kecuali orang itu budeg, atau kita ngomong ke orang Afrika pake bahasa Jawa Keraton, pasti gak nyambung. Tapi buat seorang temen gw, berbicara dan mengaplikasikan kata-kata ke dalam satu bentuk lisan atau tulisan adalah hal yang susah. Bahkan sampai bikin kata yang dia maksud jadi belibet dan jadi bahan celaan anak-anak.
Namanya Zami. Muhammad Zami. Bukan, Zami bukan anak SLB. Dia temen kampus gw dulu kok. Gw pastiin dia normal-normal aja. Yaah, walaupun kalo dibandingin ama anak-anak SLB gw yakin masih pinteran anak SLB daripada dia.
Zami kayak orang-orang lain, punya lubang idung 2, punya kaki 2, tangan 2, tapi gw gak tau dia punya bulu idung apa gak. Yang pasti Zami normal-normal aja, kecuali 1 : ZAMI SUKA BELIBET KALO NGOMONG DAN NULIS!!!
Pasti orang-orang nyangka, ah biasa aja kalo orang belibet ngomong. Kalo sekali dua kali biasa, tapi untuk Zami, ini luar biasa. Bisa dipastikan tiap ngomong dia pasti ada kesalahan kata.
Contohnya gini, gw dan temen2 gw sekarang2 ini suka ngumpul di warkop deket UNAS. Kita sih bukan anak UNAS, tapi alasan kita ngumpul di situ cuma 1 : DEKET RUMAH DICKY. Jadi kalo sewaktu2 kita masih lapar tapi uang udah abis, tinggal ke rumah Dicky terus minta makan disana. Simple, dan yang pasti bikin Dicky anak2 semua seneng.
Oke balik lagi ke Zami. Waktu itu kita ngumpul di warkop UNAS, setelah selesai ngumpul2 dan ngemil2 kita pun bayar (kecuali gw yg pura2 lupa). Kebetulan si Zami dibayarin ama Hakam, kumendan dalam geng-an anak2.
“Lo tadi makan apa aja Zam?? Gw tadi cuma tahu 2 sama ovaltine,” kata Hakam.
“Gw juga ampir sama ama lo Kam. Gw tadi kuku bima ama SEBUTIR TAHU!!” kata dia jumawa.
SEBUTIR?? Gw heran, bingung, resah dan gelisah. Setau gw yang namanya sebutir itu telur!!
“Sebutir Zam?? Tahu lo bilang sebutir?? Tahu bukan sebutir Zam, tapi SEBONGKAH!!” kata Dicky ngeledek.
“Bukan sebongkah bluk, tapi SEPUCUK!! SEPUCUK TAHU!!” gw ikutan ngeledek.
“Bukan sepucuk lagi, tapi SEUTAS TAHU!!!” yang lain ikutan nyela. Kita semua ngakak. Segala celaan keluar dari mulut anak2. Dari sebongkah, sepucuk, seonggok seutas, setangkai, sampai seekor tahu. Sementara Zami?? Dia sibuk nyari racun tikus buat diminum.
***
Jauh sebelum itu, Zami juga pernah mengeluaran jurus Belepetannya. Waktu lagi pada ngomongin bola, Zami nyambung omongan anak2 ke DELEGASI. Setelah diralat, jadinya DEHIDRASI. Dan kalian tau apa yang dimaksud Zami?? Ternyata yang dimaksud dia yaitu……… : DEGRADASI !!! *tabrakin Zami pake xenia maut*
Selain itu, dia juga punya kata2 sendiri. Mengerucut yang berubah jadi MENGECURUT, dan kalimat “semua sudah terjadi” menjadi “semua SUDAH TELAH terjadi”. Bukan hanya secara lisan, secara tulisan pun Zami adalah trendsetter blepet di antara temen2 gw. Awalnya kita Cuma nyela biasa aja, tapi setelah makin banyak, kalimat2 “aneh” Zami pun kita capture it, dan kita share di grup bbm (untuk masa depan Zami yang lebih cerah, PIN bbm terpaksa gw samarkan :D):
1. Sepertinya Gw Yang Harus DADAR Diri
Sayang banget kata2 Zami yang ini gak sempet di capture it. Waktu itu gw heran, Zami akan mendadar dirinya sendiri?? Iya gw ngerti, Zami memang jomblo. Jomblo karatan pula. Dari 31 cewek yang dia ajak jalan, 68 langsung nolak sebelum diajak. Cuma 1 cewek yang mau dijaka jalan Zami, yaitu emaknya. Itu pun pas Zami mau beli baju Lebaran waktu kecil. Tapi kan gak harus mendadar diri juga. Apakah Zami akan memecahkan dirinya pake sodet, terus mendadarnya di penggorengan?? Kasian Zami :(
#PoorZami #PrayForZami
2. Tatap Cermin Diri Cari Jawab Apa Katanya


Ini juga gw bingung. Tatap cermin diri cari jawab apa katanya. Apa Zami akan bercermin diri, bertanya kepada cermin “hai cermin, siapa yang paling ganteng di RT ini??” Lalu Zami akan mencari jawaban, apa kata si cermin tersebut?? Kalau emang begitu, kasian Zami. Zami telah kemakan dongeng Putri Salju dan cermin ajaib. Tapi yang lebih kasian lagi si cermin. Dia akan dilemma. Jawab jujur, bilang Zami jelek kayak gembok neraka, kasian. Tapi kalo bohong jawab Zami ganteng?? FITNAH!! #PoorCermin #PrayForCermin
3. Aduchh.. Nich hpe pke KASMSUKAN aer lgi..




Ada yang tau apa arti KASMSUKAN?? Gw dan anak2 menganalisi kalo itu adalah : KAS MASUKAN. Apa Zami menukar hapenya dengan air?? Sehingga ada Kas Masuk yaitu air?? Sebagai seorang akunting, gw harus membetulkan jurnal yang dibuat Zami. Kalau memang Zami menukar hapenya dengan air, jurnal yang benar yaitu : Air di debit dan Hape di kredit. Enggak ada kas masuk sama sekali.
4. Lah Gw Juga KALO LIAT LU KAYAK LIAT LU FAA



Awalnya karna gw pasang status bbm apa gitu gw lupa, trus tiba-tiba si Zami bbm kyak gitu, dan : GW CAPTURE IT. Sampe sekarang gw bingung apa maksud Zami : “dia liat gw kayak liat gw”. Lah emang dulu2 dia liat gw kayak apa? Kayak Daniel Radcliffe?? Atau kayak Afgan?? Entahlah.. Cuma Zami dan penglihatannya yang tau. Tapi kalo menurut teori Dicky, kata2 itu sama kayak kata2 : maksudnya adalah maksudnya adalah. Bingung? Sama, gw juga bingung. Biarlah Zami dan alam semesta yang menjawab nanti.
5. Pura2 SIBUKA aja dah..



Pura-pura sibuka. Apa itu sibuka?? Mungkin Si Buta Dari Gua Hantu?? Bisa jadi. Mungkin Zami itu sebenernya Si Buta, atau monyetnya Si Buta. Dia Cuma menyamar jadi manusia biasa untuk menumpas kejahatan. Maybe yes, maybe no.
Sebenernya masih banyak potongan2 gambar blepetannya Zami. Tapi kalo gw tampilin semua, ampe Zami jadi bener pun gak akan abis2.
Tapi sayangnya, “Penyakit” Zami itu ternyata menular ke anak2. Contohnya, anak2 jadi beberapa kali salah nulis :











Kalo ada yang kena blepet selain Zami, kita nyebutnya : “ZAMI ADDICTED”. Dan gw juga sempet kena sekali :




Yah, dengan semakin gak ngertinya anak2 terhadap bahasa Zami, gw dan Dicky berniat buat mendalami dan mempelajari bahasa tersebut. Kelak suatu saat nanti, kita akan menolong orang2 yang ingin berkomunikasi dengan Zami, dengan menerbitkan : KAMUS BESAR BAHASA ZAMI.

3 komentar

Alifa on 16 Februari 2012 17.55  

Sepertinya teman kamu mengalami suatu kondisi yg namanya DYSLEXIA gan, Dyslexia adalah suatu ketidak mampuan untuk mengenali huruf, menulis dan membaca. Aku kurang paham tapi pernah dengar tentang hal itu.Coba cek di http://id.wikipedia.org/wiki/Disleksia, apa temen kamu mengalami hal yg ciri2nya seperti yg tersebut di sini...


Azlan Anas Herjuna on 21 Mei 2012 23.21  

Haahhaa!!!
Zamiiii Zamiii..
kocak amat sih tuh orang,ngomong aja bpeletan muul.ngakaka gw bacaannya (tuh kan gw kena Zami Addicted)


Lala Nirmala on 20 April 2015 20.32  

Saya juga baca artikel dari anda mengenai :

obat pemutih gigi white care
obat ambeien tanpa operasi
obat asam urat tradisional
obat hernia alami
vimax canada asli
pelangsing badan super cepat
sedia obat herbal
jual game pc