Baca blog gw sama aja kayak baca tulisan cacat dan gak berbobot. Gak akan ada kata-kata ato cerita yang bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa. Paling cuma bisa buat obat susah eek aja. Karena cerita disini berpotensi membuat anda mual-mual dan mules-mules.. hehe
Posted on Selasa, Desember 10, 2013

Masih Mau Melanggar Peraturan Lalu Lintas?

By Afaa Alghifaary di Selasa, Desember 10, 2013


Pertama – tama gw turut berduka atas tragedi tabrakan kereta dan truk tangki bbm di Bintaro kemarin. Gw juga berdoa semoga para korban yang mendahului kita diberikan tempat yang terbaik  di sisi-Nya. Dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran.

Seperti yang gw baca dan liat di media elektronik, kecelakaan terjadi karena kelalaian supir truk yang nekat menerobos palang pintu kereta. Akibat ketidakdisplinan si pengemudi, akhirnya malah mengakibatkan musibah untuk orang lain. Ini jadi pelajaran buat kita semua khususnya pengguna jalan : KESELAMATAN ITU PENTING!! Gak cuma di palang pintu kereta aja. Tapi dimanapun saat kita berada di jalan raya, seharusnya kita menaati rambu – rambu yang ada. Terutama untuk orang – orang yang hobi menerobos, entah itu terobos lampu merah atau apapun, mudah – mudahan segera diberikan KESADARAN.

Yang lebih mirisnya lagi, banyak pelanggar yang lebih galak saat kita memberitahu atau menegur mereka agar lebih menaati rambu. Di lampu merah Batusari (dekat Binus), bukan hal aneh kalo lo liat pengendara motor seenaknya nerobos lampu merah. Bahkan gw pernah hampir berantem cuma gara – gara gw teriakin “gobl*k” ke orang yang nerobos lampu merah. Posisi gw lampu hijau, dia merah. Gw masuk, dia ikut masuk dan kita hampir tabrakan. Ketika gw teriakin di depan muka dia, malah dia yang marah. Lah lo marah kenapa? Yang salah siapa emangnya?

Buat mengingatkan, gw mau share pelanggaran lalu lintas apa aja yang sering dilakuin oleh pengguna jalan. Yang merasa pernah melakukan, lebih baik dari sekarang mulai berubah ke hal yang lebih baik.

1. TEROBOS LAMPU MERAH
Ini pelanggaran yang paling banyak dilakukan pengguna jalan. Apalagi kalo jalan lagi agak sepi, pasti ada aja yang melanggar. Ciri – ciri orang yang mau terobos lampu merah, pertama maju pelan – pelan sampe ke depan zebra cross. Terus lirik kiri kanan. Gak lama...... cabuuuuuuutttt....
Gw pernah liat kecelakaan akibat terobos lampu merah. Jadi waktu itu sekitar jam 10 malam. Gw dari arah RSPAD Gatot Soebroto, mau pulang ke arah Tugu Tani. Di lampu merah Kwitang (seberang toko buku Gunung Muria), gw berhenti karena saat itu lampu memang lagi merah. Gak lama, di arah lainnya (dari arah Tugu Tani menuju ke lampu merah Atrium Senen) lampu mulai berubah dai hijau ke warna kuning dan kemudian merah. Di persimpangan itu, saat sisi lain berubah dari hijau ke merah, sisi satunya lagi gak langsung hijau. Dalamhal ini saat sisi dari Tugu Tani berubah ke merah, di sisi gw juga masih merah. Setelah 1 – 2 detik, baru berubah jadi hijau dan bisa jalan. Nah, saat sama – sama merah itulah, motor di depan gw tiba – tiba masuk. Dan dari arah satunya lagi, tiba – tiba ada motor yang melaju kencang dan tiba tiba ....... BUUUMMM!! Kedua motor itu tabrakan. Kedua pengendaranya mental beberapa meter. Orang – orang pun langsung berkerumun untuk menolong.
Kalo kejadiannya kayak gitu, apa kalian MASIH MAU MELANGGAR LALU LINTAS??

2. TEROBOS PALANG PINTU KERETA
Kasus ini sama kayak kejadian di Bintaro kemarin. Banyak pengemudi yang gak sabar dan nekat terobos palang pintu kereta. Entah udah berapa banyak nyawa yang hilang sia – sia akibat kecerobohan itu. Dan entah udah berapa banyak juga orang yang gak sadar akan pentingnya menunggu palang pintu kereta.
Nunggu kereta lewat itu berapa lama sih? 1 jam? 2 jam? Atau 5 hari? Paling cuma 5 – 10 menit aja. Apa susahnya menunggu 5 – 10 menit. Lebih baik menunggu daripada kalian nekat terus malah merugikan diri kalian sendiri. Apalagi kalo kejadiannya seperti tragedi Bintaro kemarin yang malah merenggut nyawa orang – orang yang sebenernya gak bersalah.
Kalo jadinya malah merenggut nyawa orang lain, apa kalian MASIH MAU MELANGGAR LALU LINTAS??

3. NAIK KE TROTOAR
Ini yang paling sering dilakukan sama pengendara motor kalo lagi macet. Gw pernah ngalamin ini saat jam pulang kantor. Kebetulan parkir motor gw di belakang kantor. Dan tiap sore jalanan kantor gw macet banget. Pas gw lagi jalan di trotoar, tiba – tiba ada motor yang nekat naik ke trotoar. Dia klakson minta gw minggir, tapi gw tetep cuek jalan dengan santainya. Dia masih terus klakson. Gak lama dia nyelip di sebelah gw, dan tiba – tiba ban belakangnya keselip di bagian pinggir trotoar. Motornya oleng dan hampir jatuh. Sementara gw? Cuek aja jalan. Lah orang itu jalanan untuk pejalan kaki. Terus motor ngapain lewat situ?
Kalo akhirnya malah ngerugiin diri sendiri dan orang lain, apa kalian MASIH MAU MELANGGAR LALU LINTAS??

4. BERHENTI DI ZEBRA CROSS
Banyak orang yang sebenernya tau kalo zebra cross gunanya untuk pejalan kaki yang mau nyebrang, tapi kenapa malah kebanyakan juga berhenti tepat diatas zebra cross? Padahal zaman kecil dulu, di sekolah udah diajari kalo mobil / motor yang berhenti di lampu merah, seharusnya tidak melawati marka jalan / garis di belakang zebra cross. Tapi kenyataannya, peraturan cuma sekedar peraturan. Orang – orang lebih suka memakai prinsip : peraturan dibuat untuk dilanggar.
Dan lebih anehnya lagi, walaupun mengganggu serta melanggar peraturan, kebanyakan penegak hukum yang ada lebih memilih cuek dan melakukan pembiaran terhadap pelanggar tersebut.
Kalo pelanggaran kecil dibiarkan, LAMA – LAMA PELANGGARAN BESAR JUGA AKAN DIDIAMKAN. Kalo sudah begini, SIAPA YANG MAU MENEGAKKAN ATURAN?

Gw bukannya sok suci atau sok bijak. Tapi hanya mengingatkan untuk memulai segala sesuatu sesuai peraturan yang berlaku. Sorry kalo di postingan ini isinya serius dan gak ada candaan satupun. Jujur, gw miris dengan keadaan sekarang. Orang – orang dengan gampangnya melanggar peraturan. Dan gak ada sanksi atas pelanggaran yang dibuat. Walaupun pelanggaran kecil, apa gak bisa dikasih efek jera?
Buat instansi yang terkait, semoga bisa menegakkan aturan sesuai dengan hukum yang berlaku. Buat masyarakat pengguna jalan, semoga bisa memahami pentingnya keselamatan di jalan raya.
Terakhir, gw berharap gak ada lagi kejadian seperti tragedi Bintaro kemarin. Dan kita bisa mengambil pelajaran dari musibah tersebut.

Wassalam.

6 komentar

si Biru on 10 Desember 2013 15.50  

sekarang makin rajin ngeblog aja bang.. lah orang Indonesia mah, kalo peraturan masih bisa dilanggar ngapain diikuti, biasanya yg ngikuti peraturan malah kena semprot


Afaa Alghifaary on 10 Desember 2013 15.57  

iya. lagi mau ngeblog aja. kangen juga nulis lagi. hehe :D

kayak lo yah, sumpah lo dilanggar, akhirnya balik lagi jadi siluman kodok bancet. ahahahaha


Titis Ayuningsih on 10 Desember 2013 19.21  

Melanggar lalu lintas itu merugikan diri sendiri dan orang lain apalagi sampe merenggut nyawa :|


u3v2 on 11 Desember 2013 15.22  

Ya gitu lah faa .. masih banyak uneducated people .. susah lah ngaturnya kalo gak kesadaran diri sendiri ..


Afaa Alghifaary on 12 Desember 2013 15.08  

@mbak titis : iya mbak. yang kasian kalo korbannya orang yang gak bersalah :(

@vivi : kalo mau tegas bisa. yang penting sekecil apapun kesalahan di jalan raya, harus ada hukuman yang bisa menimbulkan efek jera buat si pelanggar.


Lala Nirmala on 20 April 2015 19.43  

Saya juga baca artikel dari anda mengenai :

jual obat pemutih gigi
obat ambeien mujarab
obat tradisional asam urat
celana hernia
jual obat vimax original
obat pelangsing badan
obat herbal kosmetik
game pc murah