Baca blog gw sama aja kayak baca tulisan cacat dan gak berbobot. Gak akan ada kata-kata ato cerita yang bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa. Paling cuma bisa buat obat susah eek aja. Karena cerita disini berpotensi membuat anda mual-mual dan mules-mules.. hehe
Posted on Jumat, Januari 18, 2008

FM (Football Manager)ku yang Kucinta

By Afaa Alghifaary di Jumat, Januari 18, 2008

Selain suka ngegerogotin kayu, gw juga suka banget maen game PC Football Manager. Padahal gw baru kenal dan mainin tuh game pas kelas 3 SMA. Tapi gak tau kenapa, game itu selalu ngebuat gw betah dirumah. Asal ada FM, seharian maen komputer juga gw jabanin.

Di game itu, ceritanya kita menjadi seekor (kalo buat gw) ato seorang (kalo buat orang laen) pelatih yang akan menangani tim yang menurut kita cocok untuk kita latih. Game ini emang memerlukan kepekaan otak kita, gimana cara menyusun strategi yang baik, dan mencari pemain-pemain muda berbakat dengan harga yang sebisa mungkin gak melebihi budget dari yang dikasih pemilik klub.

Kalo mao maen FM, otak kita mesti dituntut untuk berpikir keras, gimana caranya bisa memenangkan pertandingan biar tim kita gak terdegradasi ke divisi bawah. Makanya, cuma orang pinter doank yang bisa maen FM (iye...gw tau kalo gw bego. Tapi gw bisa kok maen FM)

Maen FM emang asik banget. Kita jadi bisa ngerasain gimana rasanya jadi seorang pelatih yang di setiap pertandingan harus memberikan instruksi buat anak buahnya. Buat seorang pelatih sirkus kayak gw, game ini emang cocok buat ngedidik anak buah gw macam singa, jerapah, gajah, dan undur-undur, biar mereka bisa jadi hewan yang disiplin dan berbakti kepada orang tua serta Nusa dan Bangsa.

Maen FM juga sarat emosi. Menang....,Girang. Seri....,Diem aja. Kalah....TENDANG CPU-nya....wehehehe....

Tapi sekarang ini, gw udah gak bisa maen FM lagi. Bukan, bukannya tangan gw yang belom cebok ini udah gak bisa dipake buat maen FM. Tapi, semenjak komputer gw di-install ulang gara-gara ada virus trojan yang bikin perkampungan disana, otomatis game FM gw jadi ikut ilang.

Sebulan gw lalui tanpa FM, biasa aja. Dua bulan, mulai gelisah. Tiga bulan, nafsu makan kurang. Empat bulan. gairah seksual juga kurang. Lima bulan, impoten berkelanjutan. Enam bulan, mulai nyari tambang. Tujuh bulan, bunuh diri demi FM.

Ya engga lah. Udah 5 bulan gw engga maen FM, dan hati yang gundah gulana ini sangat rindu sekali dengan dikau. Yap, emang gw udah kangen banget ama FM, ngalahin rasa kangen gw ama Kangen Band (*lho...??).

Karena atas dasar rasa kangen itulah, akhirnya pas tanggal 8 Januari kemaren gw berniat beli FM di toko game depan kampus gw. Awalnya sih gw cuma mao beli FM 2005, karena emang setau gw cuma game itu yang bisa masuk di komputer gw yang jadulnya ngelebihin Fir’aun. Tapi, atas dorongan (bukan, gw bukan didorong dari jurang) temen gw yang kayak dajjal, akhirnya gw beli juga FM 2008, game FM paling baru dan paling komplit kayak jamu.

Gw : “Mas, ada FM 2008 gak?”

Mas Penjual : “Oh ada....(lalu ngambil game tersebut dari laci lemari excel)”

Gw : (ngambil game tersebut) “Tapi komputer gw masih Pentium 3, Mas”

Mas Penjual : “Memory-nya berapa?”

Gw : (menjawab dengan mantab) “512 Mega Byte”

Mas Penjual : (sambil senyum) “Itu mah bisa....”

Gw : “Tapi windows-nya masih windows 2000...”

Mas Penjual : (udah mulai senyum sepet) “Itu gak pengaruh, Mas”

Gw : “Oohh...gitu ya...Tapi ni ada nomor serialnya gak?”

Mas Penjual : (dengan muka siap nabok) “Enggak ada. Paling cuma crack aja”

Sementara di belakang gw, pembeli laen udah pada ngantri. Daripada gw digetok pake sepatu dari belakang, mendingan gw langsung minggat aja dari situ. Tapi sebelom minggat, gw bayar dulu lah.

Pulang kuliah, gw jadi gak sabar. Hasrat gw buat maen FM terbuka lagi. Rindu ini bakalan terobati oleh kehadiran FM yang paling baru. Oh peri cinta....bawalah daku terbang bersama FM-ku sayang....(*udah mulai sarap nih orang)

Sebelom balik ke rumah, gw ke rumah Arief dulu, soalnya dia juga mao install FM buat komputer di rumahnya. Sekalian juga sih gw mao liat gimana caranya nge-crack (maklum orang kampung). Install disana.........BERHASIL...BERHASIL....HORE....!!!

Waw.....Hasrat gw makin menguak. Gw makin gak sabar buat maen FM. Abis install itu, gw-pun langsung cabut ke kandang, eh maksud gw ke rumah. Nyampe rumah udah jam setengah 7 malem. Disuruh mandi, bodo amat. Disuruh makan, entar dulu. Disuruh ganti baju, nanti aja. Baru pas disuruh keluar dari rumah, gw nurutin semua kata-kata nyokap gw (*itu mah diancem pengen diusir, bego).

Semua kegiatan itu gw lakuin dengan sangat terburu-buru. Makan seadanya. Mandi gak gosok gigi (bayangin, gw yang biasa mandi bisa ampe setengah jam waktu neraka, ini baru 3 menit udah selesai). Bukannya pake baju, gw malah pake seprai bantal. Ini semua demi FM (*itu mah emang lo-nya aja yang dongo).

Gw lalu nyalain komputer dengan rasa dag-dig-duer-daia. Perasaan, proses masuk ke windows-nya itu lama banget.

......................(*hening, perasaan gw waktu lagi nunggu komputer masuk ke windows)

Dan akhirnya.....Masuk juga.........!!!! Hati ini langsung bergetar hebat, sama kayak waktu gw dicium ama.......truk tinja. Dengan tangan yang rada-rada gemetar, gw buka CD-ROM komputer gw, lalu gw masukkin PC FM gw. Dag-dig-dug-dag-dig-dug-daradugdug (perasaan gw waktu nunggu proses masuknya PC).

Dan gak lama kemudian............proses berhasil. Lalu ada gambar seorang pelatih megang bola dan ada tulisan Football Manager 2008. Yes...gw udah girang setengah mampus. Lalu gw disuruh milih bahasa. Berhubung gak ada pilihan bahasa hewan, jadinya gw pilih aja bahasa Inggris, bahasa nenek moyang gw (halah).

Gw klik tanda ok, lalu proses berjalan dan....................THE INSTALLER CANNOT RUN ON YOUR CONFIGURATION. IT WILL NOW QUIT..........

Gw diem sejenak. Kemudian cuma bisa bilang...NGEPET...!!!

Padahal tadi di komputer temen gw bisa, tapi kok di komputer gw kagak bisa. Gw coba sekali lagi, tetep kagak bisa. Pengen banget tuh CD gw patahin jadi 6736 keping sama rata, tapi repot ngukurnya.

Emang sih, komputer temen gw spec-nya beda banget ama komputer gw. Dia udah Pentium 4, windows XP, VGA-nya udah 256. Nah komputer gw....butut. Nih gw kasih spec komputer gw biar lo gak bingung :

1. Windows 2000

2. Pentium 3 DDR 1

3. RAM 512 MB (*ni juga boleh nyolong, aselinya mah 128 MB doank)

4. Harddisk cuma 20 GB (hebat yak, tahun 2008 masih pake harddisk 20 GB??)

5. VGA Insa Oloh 16 MB (ini juga masih perkiraan dari badan meteorologi dan geofanny geofisika)

Mana selama seminggu penuh gw libur. Otomatis kan gw jadi gak bisa nuker tuh kaset. Mao ke Depok buat nuker, males. Akhirnya pas masuk kuliah, tanggal 15 Januari kemaren gw langsung ke toko itu. Nanya FM gw, sekalian mao beli FM 2005. Dan begonya gw........CD FM-nya lupa gw bawa.

Gw : “Mas, ada FM 2005 gak?”

Mas Penjual : “Wah....itu mah udah gak ada, Mas”
Gw : “Kemaren kan (padahal mah minggu lalu) gw beli FM 2008 disini, tapi kok gak bisa di-install deh...”

Mas Penjual : “Gak bisa-nya kayak gimana?”

Gw : “Pas udah masuk ke FM 2008, terus mulai proses, eh ada tulisan ‘the installer cannot run on your computer’

Mas Penjual : “Lo bawa kasetnya gak? Kalo lo bawa, gw tuker aja. Disini mah kalo gak bisa di-install ada garansi seminggu”

Gw : “Kagak bawa”

Mas Penjual : “Yaa....coba lo bawa. Emang memory komputer lo berapa?”

Gw : “512 MB”

Mas Penjual : “VGA?”

Gw : “Nah itu dia....kalo gak salah VGA gw cuma 16 MB”

Mas Penjual : “VGA lo tanggung sih....coba kalo 256, pasti bisa”

Gw : “Yaudah, gw beli FM 2006 deh!”

Mas Penjual : “FM 2006 install-nya susah Bos. Mendingan lo maen CM 2006 aja”

Yah, akhirnya dengan sangat trepaksa dan sedikit coba-coba gw beli juga Championship Manager 2006. Katanya kalo gak bisa di-install juga, dikasih garansi ama dia. Bisa dituker ato duit kembali.

Pas gw coba dirumah, emang sih CM 2006 bisa di-install di komputer gw. Terus gw coba maenin. Semua gak jauh beda ama FM, karena emang yg gw denger dulu, FM itu adalah pecahan dari CM. Sama aja kayak negara pecahan, pasti gak jauh beda ama negara induknya. Di game ini, cuma jumlah tim yang dilatih aja yang beda. Kalo di FM, kita bisa ngelatih tim dari Indonesia, Sedangkan CM gak bisa.

Tapi gak tau kenapa, gw masih rindu ama FM. Selama sehari gw maen CM, gw gak ngerasa happy. Malah makin lama gw makin males maen CM, karena loading-nya lama dan tampilannya kurang menarik. FM 2005-ku sayang, tenang saja. Aku akan mencari dirimu sampai ke seluruh pelosok negeri ini....WASPADALAH...WASPADALAH...!!!

NB : Selama rindu dengan FM-ku sayang, gw ngebuatin lagu buat dia. Semoga lagu ini bisa ngobatin kerinduan gw ama FM (*makin lama makin ngaco aja otak lo...!!)

(*birama 4/67 pada ketukan ke-1.952)

FM-ku yang kucinta.....Pujaan hatikuu....

Tempat aku bermain.....Sesuka diriku...

Tak akan kulupakan...Kan terus kukenang...

Selalu kurindukan....FM-ku oh...sayang....

1 komentar

Unknown on 24 Desember 2015 18.25  

Udh Mau 2016 masih aktip maen fm kah?