Baca blog gw sama aja kayak baca tulisan cacat dan gak berbobot. Gak akan ada kata-kata ato cerita yang bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa. Paling cuma bisa buat obat susah eek aja. Karena cerita disini berpotensi membuat anda mual-mual dan mules-mules.. hehe
Posted on Senin, Februari 04, 2008

Hari - Hari Ujian Negara

By Afaa Alghifaary di Senin, Februari 04, 2008

Semua Kampus yang “katanya” akreditasinya ‘A’ pasti gak ada ujian negara lagi. Semua temen gw yang kuliah di kampus bagus pasti begitu. Tapi, kampus gw beda dengan mereka. Di Gunadarma, kampus elok nan menguras tenaga, masih ada yang namanya UJIAN NEGARA (bahasa Inggrisnya: Country Test) ato kalo di Gunadarma sendiri disebutnya UJIAN UTAMA (bahasa Inggrisnya: General Test). Di Ujian Utama ini, mahasiswanya wajib make baju kemeja putih ama celana bahan item. Yap, muka gw yang keliatan banget urat susahnya ini malah jadi makin mirip ama tukang kredit karena pake baju keparat itu.

Gunadarma emang kampus jadul nan menyusahkan. Di saat anak-anak kuliah lain lagi menikmati masa libur mereka, gw dan anak-anak Gunadarma malah lagi asik belajar (baca: nyontek) biar nilai gw dapet bagus. Mana kalo Ujian Utama nilai yang harus kita dapet minimal ‘B’. Manteeebbb beneeeerr...........

Tapi gw seneng banget, karena Ujian Bejat ini udah selesai dari hari Kamis, tanggal 31 Januari kemarin. Jurusan Manajemen dapet Ujian Utama selama 4 hari. Rinciannya bakal gw kasih ke kalian, biar lo-lo pada bisa ngerasain penderitaan gw selama ikut Ujian Utama:

1. Senin, 28/01/2008, Pendidikan Pancasila, 12.00-14.00, E-128, No. 4

Maksudnya adalah, hari Senin tanggal 28 Januari 2008 gw Ujian Pendidikan Pancasila jam 12.00-14.00 di kampus E gedung 1 lantai 2 ruang 8, dan gw duduk di bangku No. 4. Pada hari pertama ujian, semua berjalan biasa aja. gw masih bisa nyontek ama orang yang duduk di depan gw. Gw pake jurus nyontek diem-diem. Dia gak tau kalo gw contekin. Dia kira mah gw ngerjain soal pakeotak sendiri, padahal gw dapet jawaban dari dia. PUASSS......!!!

Tapi ada satu masalah yang gak gede-gede amat. Sebelum ujian, sebenernya temen-temen gw yang lain udah pada fotokopi soal yang katanya bakalan jadi kisi-kisi buat UN. Gw yang gak percaya ama hal gituan, males fotokopi, lagian juga gak bakal gw baca. Eh, pas udah kelar ujian, gak taunya tuh soal.....BANYAK YANG KELUAR.....!!!! Tapi biarin, yang penting gw udah nyontek ama orang yang tepat, karena sebelum masuk gw liat orang yang gw contekkin lagi baca itu fotokopian.

2. Selasa, 29/01/2008, Statistika, 12.00-14.00, D-007, No. 28

Nah, ini mata kuliah yang paling ngehe buat gw. STATISTIKA. Sekali lagi gw tulis buat efek sereemm...STATISTIKA. Mata kuliah yang isinya ngitung-ngitung gimana cara nyari median, mean, modus, anus, usus ato apalah gw bingung.

Ada kejadian yang bikin gw nyesel setengah mateng kalo inget-inget tuh soal. Di ujian itu, kita diperbolehkan menggunakan kalkulator ama tabel statisktika. Gw bawa kalkulator, tapi gak bawa tabel. Padahal di soal tentang probabillitas gw ngerti banget caranya. Tapi itu tadi, nyari probabilitas mesti ada tabel, sedangkan gw gak bawa tabelnya. Pikiran gw mumet, lalu otak gw langsung berjalan cepat. GW-HARUS-NYONTEK. Uhuy, akhirnya gw nyontek ama cewek di sebelah kanan gw. Kayaknya sih dia pinter. Gw nyontek masih pake jurus deim-diem. Pas keluar ujian, seperti biasa sebagai mahasiswa yang baik dan ngulang, gw lalu tanya sana-sini ama temen gw tentang soal statistika tersebut. Gw cerita kalo tadi gw gak bawa tabel. Tapi, temen gw dengan santai malah jawab, “BEGO....!! Tabelnya ada di halaman belakang soal, kali.....!!”

JREEBB...langsung menusuk ke hati. Dan hingga kini aku menyesal telah mengabaikan tabel yang ada di soal. Hikz...Hikz...T_T. Eh, tapi gak apa-apa deh, yang penting gw berhasil nyontek ama cewek yang keliatannya pinter itu.....HORE....HORE....

3. Rabu, 30/01/2008, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, 12.00-14.00, E-136, No. 9

Setelah di hari pertama dan kedua dilalui dengan hati riang dan gembira, pas hari ketiga kesialan itu mulai tampak. Yaks, setelah gw ama temen-temen gw lama nunggu bis di Silpi, akhirnya gw nyampe juga di sana sekitar jam 12 kurang 15. Nyampe kampus, gw langsung baca fotokopian. Yoa, sama seperti Pancasila, mata kuliah BLK ini juga ada fotokopian yang konon katanya, menurut Legenda Mak Erot, bakalan banyak pertanyaan yang keluar pas ujian nanti. Gw semangat dan dengan gairah tingkat tinggi membaca itu soal. Dan ternyata.........GAK ADA YANG KELUAR SATUPUN.....!!!

Syalalala....Gw ampir gila. Untung gw duduknya di tengah. Jadi gw bsia nengok kiri-nengok kanan, serong kiri-serong kanan, dan hasilnya......HAMPIR SEMUA GW DAPET DARI CONTEKAN....Wehehehe....(ketawa puas). Sampe hari ini...amannh

4. Kamis, 31/01/2008, Manajemen SDM, 12.00-14.00, E-132, No. 28

Setelah hari Rabu gw masih terhindar dari kesialan, pas hari terakhir Ujian Utama ini gw ama temen-temen gw kena very large sial effect. Efek Kesialan Yang Amat Besar. Kita mulai kesialan kita dari Slipi, pas nunggu bis. Sebenarnya bis yang ke Depok banyak, dari 81, 48, dan 143. Tapi, berhubung kita para mahasiswa bokek bin surem, jadinya kita rela nunggu 54 yang bukan bis AC selama lebih dari.....SATU JAM....!!! Eh, tapi sekalian nunggu si Arab dulu sih, anak Slipi yang sering telat.

Nah, pas kita lagi nunggu bis ama nunggu Arab, tiba-tiba di Slipi dateng cewek manis yang dari pakaiannya udah keliatan kalo dia orang kantoran. Biarpun gawe, tapi umur itu cewek gw taksir kira-kira 22-23 tahun. Mukanya, WUUIIHHH........CANTIIK ABIISS....BODYNYA.....WAW.....BOHAY BANGET....BIBIRNYA.....ADUUUHH SEXY SEKAALLLLIII.............

Dalam skala nilai 0-100, gw bakal ngasih dia nilai 150. Kita betiga (gw, Jonny, ama satu lagi gw lupa namanya) akhirnya jadi gak konsen buat nunggu bis. Jonny, yang tadinya lagi baca fotokopian (ini ada fotokopian lagi. Tapi gw ogah fotokopi karena udah trauma ama kejadian Rabu kemaren) malah jadi ngeliatin....PANTAT ITU CEWEK...

WAW......Pas kita bertiga lagi ngomongin dia, tiba-tiba dia nengok ke belakang. ALAMAAAKKKK.........pas matanya ngeliat mata kita-kita, OH GOD....rasanya kayak ngerasain aer surga. Untung gw masih kuat iman, coba klo enggak. Bisa gw sosor dia dari belakang.

Lagi asik-asiknya merhatiiin pemandangan indah yang Tuhan berikan, tiba-tba Arab dateng. Kita yang lagi konsen ngeliatin body bohay, jadi langsung tersadar dan pikiran pun kembali ke dunia nyata.

Arab : “Oyy..udah jam berapa nih? Ayo berangkat”
Jonny : “Nyante aja, baru jam berapa sih?”
Gw : (kebetulan gw pake jam tangan, terus gw liat jam) “Aaahhh nyante kali. Baru jam 11 kurang 10.”
Jonny: “Tau, baru jam 11 KURANG 10....

Jonny diem, lalu sedetik kenudian ngucapin kalimat tadi dengan muka yang kaget, tapi malah kayak orang nahan berak 4 hari, “SE-BE-LAS KU-RANG SE-PU-LUH....??
EMAKK...!! KITA BAKAL TELAT CUY...!!”

HWAAAHHH....Akhrinya kita sadar. Langsung semuanya panik kayak orang kebakaran titit. Si cewek bohay, yang ngeliat tingkah goblok kita, cuma cengar-cengir mesam mesem mesum yang malah bikin gw makin h****(ttuuttt...sensor).

Gak lama kemudian, bis 143 datang. Dengan sangat terpaksa dan gak rela, kita pun segera naek bis itu. Bis 143 sebenernya lewat jalur yang muter-muter kayak orang mabok lagi ngadain ritual aliran sesat. Dari Slipi, bis melaju ke Sudirman, lalu melewati Al-Azhar, terus menjelajahi Blok M, dilanjutan ke arah Cipete, dari Cipete ke Fatmawati, langsung lewat tol dari Citos, tembus-tembus di Antam, lalu muter lagi ke arah Jalan Baru, setelah itu menuju Tanjung Barat, lalu dioper ke Lenteng Agung, langsung diberikan ke Universitas Pancasila, dan sekarang ada di UI...dan GOOOOLLL..........!!!!

Hati gw dagdigdugduerdaia. Jam ditangan udah nunjukkin pukul 11 lewat 20 menit. Tapi, bis masih ada tepat di depan BLOK M PLAZA. Waktu itu, udah da beberapa pilihan di benak gw ama temen-temen gw:

1. Naek ojek dari Cipete ampe Depok, gak peduli ongkosnya berapa yang penting kita bisa selamat ampe tujuan.
2. Patungan naek taksi ampe Depok. Emang, naek taksi juga pasti kena macet karena taksi gak bisa nyelap-nyelip kayak motor. Tapi, biarpun telat minimal kita bisa gaya karena pas nyampe kampus, kita turun dari taksi. Kali aja ada ibu-ibu yang ngeliat, terus ngundang gw buat nyunatin anaknya (lho..?? gak nyambung yak??)
3. Turun di BP, terus langsung ngeceng karena jam segini, pasti banyak daun muda berpakaian seragam putih abu-abu. Masalah Ujian Negara? Taun depan masih ada kali...!

Tapi, akhirnya kita milih option yang ke-4, yaitu tetap sabar berada di bis, sambil berdoa mudah-mudahan bisa nyampe tepat waktu dan selamat sampe di ruangan masing-masing.

Mukjizat itu emang nyata. Gw ngerasain sendiri kok. Kalo diitung-itung pake logika dan itungan togel, rasanya gak mungkin gw bisa ampe kampus tepat jam 12, bahkan jam setengah 1 sekalipun. Tapi, sepertinya Tuhan mendengar doa anak-anak terlantar dan teraniaya ini. Gak tau gimana, tapi kita berhasil nyampe kampus jam 12 kurang 10. HEBAATT..........!!!

Pilihan option terakhir ini, biarpun bisa bikin kita nyampe tepat waktu, tapi ada kelemahnnya juga. Pertama, kita gak bisa gaya ama temen-temen karena turun dari bis, bukan dai taksi. Kedua, kita gak bisa ngeliatin daun muda, karena di Gundar biasanya cuma ngumpul daun singkong dan daun pepaya. Dan yang ketiga, kita gak bisa ngerasain gila-gilaan bareng tukang ojek yang rencanya bakal kita naekin kalo tadi udah telat banget.

Selain kelemahan, option ini juga ada kelebihannya. Pertama, uang jajan jadi awet. Lumayan, bisa buat makan mie ayam bakso plus es campur. Kedua, bisa gangguin kenek yang kalo diliat dari mukanya, kayaknya udah kesel banget ama kita gara-gara kita berisik banget di dalem bis ampe ngebangunin orang tidur. Ketiga, bisa ngedengerin konser T2, The Rock, dan The Soneta di dalam bis.

OIya, kesialan buat gw rupanya belom berakhir sampe disitu. Pas ujian, gw liat soal, gak taunya......SOALNYA SAMA YANG KAYAK TADI DIBACA JONNY....ANJRIITT..Giliran gw fotokopi, gak taunya salah contekan. Pas gw gak fotokopi, eh malah tuh soal yang keluar. BABI....!!! Mana gw duduk di pojok kanan. Mao nyontek bingung.

Kiri, cowok. Lagian mukanya gak menunjukkan kalo dia anak pinter. Depan, cowok juga. Lagi-lagi gak nunjukkin kalo dia anak pinter. Belakang, cewek sih. Tapi, kalo gw nengok, resikonya gede karena pengawas ujiannya ada di belakang. Kanan, tembok. Masa gw mao nyontek ama tembok?? Tapi, gw masih ada satu cara. NYONTEK AMA ORANG YANG ADA DI SERONG KIRI GW. Delapan nomor pertama bisa gw dapetin, tapi selanjutnya...?? Lembar jawabannya ditutupin pake tangan, kayaknya sih dia curiga ama mata gw yang jelalatan kemana-mana. KAMPREETT....Akhirnya, gw pun dengan sangat terpaksa nyontek ama tembok, dan cuma bsia ngitungin kancing serta mengandalkan wangsit yang ada di pikiran gw dalam menjawab soal keparat ini. Gw sumpahin nilai lo (orang yang ada di serong kiri gw) ancur dan gak lulus ujian utama. Makanya, jangan pelit.....

NB : Setelah ujian negara selese tanggal 31 Januari, eh tanggal 4 Februari gw udah masuk lagi. Baguss...Mantab...terima kasih ibu rektor Gunadarma...kau memang baik hati...kami cuma diberi libur selama 3 hari. Okeh ibu rektor, saya mewakili anak-anak tingkat 2 FE Gunadarma yang merasa tersiksa cuma mao bilang: kami ini hidup bu. Kami butuh istirahat, butuh makan, butuh uang, dan butuh belaian kasih sayang (*lho..??). Terima kasih Gunadarma, telah memberikan waktu libur yang sangat paaaaaannnjaaaaaaannnggg......buat mahasiswanya <= emosi....Gagal semua rencana liburan gw...bangke...!!!

3 komentar

Anonim on 28 Januari 2010 18.34  

mav sebelumny ka, ane nubie di gundar, tepatnya si di x malang, hari kamis tgl 28 januari tepatny, ada ujian utama, ane lupa sm tu jadwal, malah keasikan OL, bener2 ngeblank otak'
lgsg ja ane telat, jd ga bisa ikut ujian utama.
yg ane mo tanyain ni ka, emg ga da ujian susulan pada semester pendek ?
ane takut bgt nilai ane jelek'
selidik puny slidik, ane harus dpt nilai min. D'
dibawah tu ane harus ngulang kelas'
ane ga mau pastiny
tp klo dapet nilai D,C, masi bisa kut ujian mandiri bertempat di gundar depok.
bisa kasi saran or masukan ga ka ?
bisa rep lwt email ane.
di ndu.suka.ngerjain@gmail.com

mohon bantuany..makasi.


Anonim on 21 Maret 2013 10.20  

http://technologiesuae.com/#5193 can you overdose xanax alone - xanax overdose for dogs


I Gde Manggala on 18 Februari 2017 20.23  

izin nanya~
saat Ujian Utama Matematika Lanjut 1 apakah peserta ujian boleh menggunakan kalkulator?

*barang kali tahu. takutnya gk boleh