Baca blog gw sama aja kayak baca tulisan cacat dan gak berbobot. Gak akan ada kata-kata ato cerita yang bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa. Paling cuma bisa buat obat susah eek aja. Karena cerita disini berpotensi membuat anda mual-mual dan mules-mules.. hehe
Posted on Sabtu, Juni 14, 2008

Cerita dibalik UAS = Siapa itu SPEARMAN....??

By Afaa Alghifaary di Sabtu, Juni 14, 2008

Wahh… UAS udah tiba, dan itu semua ngebuat gw sibuk, makanya udah ampir sebulan ini gw gak ngisi blog. Gw gak mao kesakralan UAS ini terganggu gara-gara gw ke warnet dan ngabisin banyak waktu di depan layar komputer, bukan di depan tumpukan buku. Dan kondisi ini juga ditambah ama komputer monyong gw yang gak bisa dibetulin. Komputer kayak gitu harusnya emang disiram bensin, terus dibakar. Lalu mayatnya di buang kali Ciliwung.

Tapi gak apa-apa sih, yang penting gw jadi punya waktu buat belajar. Karena gw udah bertekad mao belajar di UAS semester 4 ini.

Semua orang yang udah pernah denger tekad gw pasti bosen. Gw selalu bilang kalo mao bener-bener belajar pas UTS ato UAS, tapi kenyataannya…?? Nihil. Tapi, pas UAS semester ini gw bener-bener berubah. Gw bener-bener udah bertekad. GW BAKAL BELAJAR PAS UAS….!!!

UAS hari pertama adalah mata kuliah Aspek Hukum dalam Ekonomi. Dengan semangat membara, malam sebelom UAS hari pertama gw mulai nyari-nyari catetan dari dosen. Tapi sayang, setelah gw oprak-oprek kesana kemari, ternyata gw gak punya catetan laknat itu, karena selama kuliah gw gak pernah nyatet. Hikz….

Gw gak keabisan akal. Gw pun nyari fotokopian yang dikasih ama dosen. Seinget gw dulu gw pernah fotokopi beberapa kali (ato cuma sekali..?? gw juga lupa).

Gw pun mulai mengobrak-abrik lagi isi lemari gw. Pas gw lagi nyari…. ternyata ada fotokopian….!!! Gw bersorak gembira, kayak Dora waktu bisa nyampe ke Gua Hantu.

Kertas fotokopi itu terlipat ke dalam, jadi yang keliatan cuma bagian putihnya aja. Gw buka pelan-pelan, gw rasain setiap gerakannya, dan pas ngeliat isinya…. Gw kaget…!!

SIAALLL….!! Ternyata itu kertas fotokopian akuntansi dari jaman gw SMA…!! MONYONG…!!

Biarpun salah fotokopian, gw masih tetep bertekad, GW HARUS BELAJAR MALAM INI…!! Gw sih yakin, dulu kayaknya gw pernah punya fotokopian mata kuliah Aspek Hukum dalam Ekonomi.

Gw mulai memborbardir lemari gw yang udah kayak tempat loakan buku bekas. Dan akhirnya… ternyata feeling gw bener. GW PERNAH FOTOKOPI…!!

YESS…!! Gw dapet satu pokok pembahasan fotokopian mata kuliah Aspek Hukum dalam Ekonomi, yaitu bab tentang KEPAILITAN. MANTAB…!!

Gw langsung baca itu fotokopian sambil tiduran. Baru sepuluh menit baca, kakak gw yang baru pulang kerja tiba-tiba ngelempar sesuatu ke arah gw. “Nih, buku Laskar Pelangi ama Edensor yang lo pesen,” katanya terus langsung pergi ke kamarnya.

OLALA…!! Gw baru inget, kemaren gw pernah minta dipinjemin buku Laskar Pelangi ama Edensor ke temen kakak gw. Gw tertarik aja ama ceritanya yang kata orang-orang bagus. Lagian gw juga udah baca buku keduanya, Sang Pemimpi. Makanya, gw jadi penasaran ama buku pertama dan ketiganya.

Gw bangun, lalu gw pegang buku Laskar Pelangi itu. Gila…tebel banget…!! Ada 500 halaman lebih.

Setelah itu gw pegang kertas fotokopian tadi ditangan kiri gw. Jadi, Laskar Pelangi di kanan dan kertas fotokopi di kiri.

Yang kanan, tebel tapi enak dibacanya dan bikin penasaran. Yang kiri, tipis sih… tapi bikin ngantuk, eneg, serta pusing.

Akhirnya gw putusin buat ambil Laskar Pelangi. Gw pun tiduran lagi dan mulai baca Laskar Pelangi. Sepertinya gw melupakan teman lama gw, si fotokopian tipis itu.

Tapi gak lama kemudian, hati gw mulai gak enak. Kayak ada ganjelan gitu. Ooowwhhh… ternyata tadi gw ceboknya belom bersih, masih ada sisa di kolor.

Setelah bersihin kolor, gw pun mulai baca lagi. Dan hati gw pun gak enak lagi. Lalu gw ambil keputusan penting yang bisa ngerubah idup gw. GW HARUS BELAJAR MALAM INI…!! *tangan sambil mengepal ke udara.

Dahsyat…!! Akhirnya gw berhasil juga belajar. Dan gw pun membaca seluruh isi fotokopian tentang Kepailitan itu sampe abis. Sampe gw apal semua apa yang ada dan yang dibahas di fotokopian itu. Dengan ini, gw yakin banget kalo UAS kali ini minimal gw bakal dapet nilai 80… camkan itu baik-baik teman-teman…!!

Besoknya, gw masuk ke ruang ujian dengan langkah jumawa. Seolah-olah gw bilang, ‘Liat nih, orang yang calon dapat nilai 80 datang….’

Kertas soal dibagi, gw langsung baca soal. Gw baca pelan-pelan soal tersebut dan gw pun… BENGONG…!!

Lembar pertama, gak ada hubungannya ama kepailitan. Mungkin di lembar kedua ato ketiga, itu pikir gw.

Ternyata di lembar kedua dan ketiga pun soalnya sama sekali gak ada tentang kepailitan. Dengan sangat terpaksa (dan agak niat) gw lalu mengisi soal itu dengan cap cip cup belalalang kuncup, serta balik lagi ke tabiat asli, yaitu pake jurus tengok kiri kanan depan belakang. Ditambah minta wangsit dari Mbah Bejo, tukang ketoprak deket rumah gw.

Pas keluar ujian, gw tanya temen gw, kok soal kepailitan gak ada yang keluar. Dan jawabnya pun santai, “Soal UAS tuh cuma tentang bab Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) ama Hak Cipta doank, bego…!! Ngapain lo belajar kepailitan…??”

Gw pun meratapi nasib otak gw yang beler ini… hikz… (*jadi pengen pentokin pala ke tembok beton).

Laen lagi cerita waktu ujian statistika. Malam sebelom ujian, yang ada di otak gw waktu denger kata statistika adalah: ITUNG-ITUNGAN. Lagipula, belom pernah gw diajarin teori tentang statistika.

Ujian pun berlangsung. Sialnya cuma ada beberapa soal tentang itung-itungan, dan itu juga hanya 6 dari 35 soal. Sisanya teori. Wuuiihh…. Hebat… Bayangin, 6 soal itung-itungan dari total 35 soal..!! Soal apaan nih..?? Statistika ato Geografi..??!! *emosi

Ada 1 soal teori yang sama sekali belom pernah diajarin ama dosen gw, yaitu : ‘Bagaimana hubungan variabel x dan y menurut metode Spearman?’

Gw bingung. Masalahnya, gw belom kenal ama si Spearman ini. Kalo Spiderman mah gw tau.

Otak gw pun bekerja. Mungkin sih Spearman ini masih sodara ama Spiderman..?? Ternyata bukan. Gw masih bertanya-tanya, ‘Apa itu Spearman..? Sendal merek baru-kah..?’

Gw mengulang kata Spearman terus-menerus, sampe-sampe artikulasinya jadi “SEPIRMEN”. Gw mencoba mengartikannya sendiri. SE itu adalah satu. Kayak seekor, berarti satu ekor, dan Selasa yang berarti satu lasa (*gak gitu kali). PIR yaitu buah pir. Yak, gak salah lagi. PIR adalah buah pir. Dan MEN adalah mencret. Jadi kalo digabungin, SEPIRMEN adalah SATU BUAH MENCRETAN PIR.

Gw senyam senyum sendiri. Dengan kapasitas dan kualitas Bahasa Inggris gw yang hebat ini, gak salah kalo waktu semester 1 gw dapet nilai “A” buat mata kuliah Bahasa Inggris 1.

Gw lalu memeriksa beberapa option jawaban. Gw cari yang ada hubungannya dengan “SATU”, “MENCRET”, dan “PIR”. Tapi nihil.

Oowwhh… gw baru inget. Kata “MEN” disini mungkin maksudnya “MANUSIA”, bukan “MENCRET”. Dan “SE” yaitu “SETENGAH”, bukan “SEBUAH”. Jadi, SEPIRMEN adalah MANUSIA SETENGAH PIR.

Gw liat lagi option jawaban, kali ini key-nya beda, yaitu “SETENGAH”, “PIR”, dan “MANUSIA”. Tetep gak ada.

Dan gak salah juga, dengan kemampuan otak kayak gini, waktu semester 2 kemaren dosen gw pernah bilang kalo dia udah khilaf karena ngasih nilai Bahasa Inggris 1 gw “A”. Akhirnya gw mesti menerima kenyataan pahit kalo nilai Bahasa Inggris 2 gw cuma “C”.

Gw makin bingung. Gw mao garuk-garuk pala, takut dibilang mirip monyet. Mao garuk pantat, malah lebih mirip monyet. Apa emang gw ini turunan monyet…?? Semoga enggak.

Gw keabisan akal dengan si SEPIRMEN ini. Apa itu SEPIRMEN…? Seperti apa bentuknya..?? kalo SPERMA mah gw tau.

Gw pun ngisi soal itu dengan asal. Setelah ujian, ternyata temen gw pun gak ada yang tau siapa dan gimana ato apa itu SEPIRMEN…??

Ngomong-ngomong, ada yang tau siapa itu SEPIRMEN…??

*bagi kalian yang mengetahui siapa ato apa serta bagaimana wujud si SEPIRMEN itu, jawaban ditunggu paling lambat 2 abad setelah penayangan blog ini. 10 orang pengirim pertama akan mendapat hadiah istimewa, yaitu menginap 4 hari 5 malam di WC Gunadarma. Selamat menjawab…!! Salam chikibrut muach muach..

3 komentar

TAHUSUSUR on 14 Juni 2008 22.01  

Spearman mah pengarang lagu indonesia raya, itu loh si W.R spearman (meksa bgt)
atau malah kakaknya britnispirs?
Spear=tombak, man=mantruasi so, tombak yang mantruasi kah?

Gue jadi inget kemarin istri joko suparman(tetangga gue) baru mantruasi jadi si suparman ga bisa tusuk-tusuk pake tombaknya (halah jorok amat gue)


iteza-hime on 22 Juni 2008 19.15  

mas fary. .inget aku gak? si anak penjelas-kenapa-kopi-bisa-bikin-kebelet itu lho. . .inget?

charles spearman itu penemu simbol 'rho',, yg suka dipake pas fisika itu loh. . alias perhitungan korelasi nonparametrik.
ngerti kaga. . .?


rizkykaro2 on 9 September 2008 20.30  

cerita lu lucu buat w.









mampir di blog w ya!!!











www.rizkykaro2-loveschrist.blogspot.com