Baca blog gw sama aja kayak baca tulisan cacat dan gak berbobot. Gak akan ada kata-kata ato cerita yang bermanfaat bagi Nusa dan Bangsa. Paling cuma bisa buat obat susah eek aja. Karena cerita disini berpotensi membuat anda mual-mual dan mules-mules.. hehe
Posted on Jumat, Juli 15, 2011

Ciri - Ciri Alay di Dunia Maya

By Afaa Alghifaary di Jumat, Juli 15, 2011

Kalian tau alay? Okeh, alay itu bukan nama makhluk dari comberan ato apapun. Banyak org yg gak tau alay itu apa, tapi sebenernya alay gampang diciriin dari segi fisik ato yang lainnya. Dari segi fisik, biasanya alay itu : pake kacamata item malem2, celana kedodoran di dengkul, dompet dirantein kayak hewan peliharaan, dan yang paling parah : potongan rambut poni hordeng yang berpotensi nyolok mata dan menghalangi pandangan si alay tersebut. Kalo dari segi yang lain, contoh tulisan, gw pernah nge-post tentang alay dan tulisannya disini.

Nah, kali ini gw mw bahas tentang alay di dunia maya. Akhir2 ini gw jarang buka FB, karna sekarang gw lebih suka main twitter ato baca2 thread di kaskus (speak.. pdahal aslinya main jimbot aj gak ngerti). Tapi beberapa hari yang lalu gw sempet buka FB dan ternyata………….. GW LIAT ALAY2 MAKIN TERANG2AN GENTAYANGAN DI FB..! gw ngeri, takut, dan langsung baca yasin 7 kali buat ngusir alay di FB, tapi gak bisa. Akhirnya gw buru2 matiin komputer dan langsung nonton sinetron Putri Yang Ditukar dengan harapan bisa ngusir para alay itu (*apa hubungannya coba??)

Sebagai pakar anti-alay Kebon Jeruk, gw ingin kalian bisa mengenali bagaimana rupa dan wujud para alay di dunia maya, agar kalian semua tidak terjebak di lembah hitam dunia alay.

1. Nama Account yang Panjang

Ciri2 utama para alay di FB yaitu : pake nama akun yang panjang kayak tangga pemadam kebakaran, tetap dengan kombinasi huruf gede kecil. Gw gak tau apa yang ada di benak mereka pas bikin nick dengan nama yang panjang. Ingin keliatan gaahool? Ato ingin keren? Hanya Tuhan dan mereka yang tahu.

Contoh : aQooHcH4aiaNkbaN6eTzc4mAk4MohpLizzJaNgandThTing9aLinTdhaKoohaToaKoohaK4nm4Tid3Mik4Mooh (setelah baca nick ini, gw langsung baca yasin 7 hari 7 malem dan mendoakan smoga amal ibadah teman kita yang satu ini diterima oleh Tuhan YME).

2. Nick Bukan Menggunakan Nama Asli

Ciri yang kedua adalah yang gw sebutin di atas. Entah untuk apa, kebanyakan para alay gak pake nama asli mereka sebagai nick di dunia maya. Mungkin malu, karna nama mereka Dirun Tarbokem, ato punya nama yang terlalu tanggung antara keren dan gak : Jonathan Sengkriliw, makanya mereka buat nick dengan nama yg menurut mereka lebih “keren”. Contoh : Si AnaGh imOet maNiezz, haNdsoMe boY, dan tuyul millennium 2 (*oke, yang terakhir gw mabok sinetron jaman dulu).

3. Foto dengan Gaya Khas

Ini salah satu cirri alay dimanapun dia berada. Foto alay di dunia maya manapun biasanya khas : angle dr atas, mulut manyun, dan telunjuk di bibir. Seolah2 mereka kayak mengatakan “ssst.. diem, gw mau foto dulu”. Entah bilangnya ke cicak ato kalong yg lagi menclok dikamarnya.

4. Curhat Lewat Status

Terkadang, di dunia maya susah membedakan mana alay mana agata (anak galau jakarta). Karna memang status mereka sama bermuara pada satu jenis : curhatan. Anak galau, tiada hari tanpa curhat di status. Dari yang ditolak cewek, gak diterima cewek, sampe diludahin cewek. Sedangkan alay, walaupun curhat tapi dengan isi yg berbeda, yaitu : ditolak cewe, gak diterima cewek, ato diludahin cewek. (*iya tw itu sama).

5. Promosi lewat BM

Buat yang pake bb (black bangke), pasti kalian pernah dapet BM yang isinya : “hai.. add temen gw yah.. ini pinnya 123456. Emg sih nomor pin nya kayak nomor togel, tapi dia bukan bandar togel yg kmarin ketangkep kok. Namanya Suprapto, panggilannya Kevin. Orangnya lucu, kalo pup di pinggir tol. Pokoknya gak nyesel deh klo kenal ama dy. Gw aj kenal ama dy langsung bisa salto di atas gedung. Jangan lupa add yh”

Yap, kadang gw empet banget ama BM kayak gitu. Untuk apa promosiin diri di bb? Trus klo org add pin lo, mw ngapain? Kalo mw kenal, lebih enak minta kenalin aj lngsung ama temen lo, bukan promosiin diri lewat BM. Ato lebih efektif lagi, buat poster, temple di tiang listrik ato pohon asem. Apalgi klo ditambah tulisan gini : “add pin gw, rumah mewah menanti anda”. Insya Allah banyak yg add pin lo.

Dari 5 ciri tersebut, apakah anda termasuk alay di dunia maya? Kalo iya, segeralah bertobat, mumpung Nazaruddin masih di Singapore (iy tw gk ada hubungannya). Dan buat para alay yg belum tobat, kita doakan semoga akunnya di dunia maya diampuni Tuhan. *amien*

NB : sekarang gw jual high heels dan wedges di kaskus. Yang tertarik liat lapak gw disini yah. Ato mw bli camcorder gw, check disini. Thx..

9 komentar

cavendish on 16 Juli 2011 10.50  

haha... aku gak alay looo


Afaa Alghifaary on 17 Juli 2011 14.57  

hehehehe.. iy mbak.. mudah2an saya jg gak alay.. :D


Master Dealer Notebook Indonesia on 20 Juli 2011 16.19  

Mantab gan !!


www.lenovindo.com


Afaa Alghifaary on 25 Juli 2011 16.44  

*master dealer notebook indonesia : thx gan udah berkunjung kemari :D


Ins saja on 29 Juli 2011 18.43  

Haha! Banyak "haha"nya baca entry ini.
oala dala...

saya itu mengaku tdk alay, tapi lebay *nah lo?!
jadi kalo teriak2 ada apa2 ya di status!
*iya...nyadar. itu poin ke 4 banget!

seharusnya poin 4 itu ditambai, "Berharap dikomen"
jd saya nggak keseret deh! sy kan nggak brharap digituin...Haha hihi hoho << semaunya sndr ~~"


Afaa Alghifaary on 31 Juli 2011 00.46  

*ins saja : heheee... maa mbak.. bukan maksud nyinggung.. saya juga suka curhat di status kok.. wkwkwkwkwk.. saya juga gak berharap dikomen, cuma berharap dikasihani terus dikasih makan nasi ama kentaki.. wkwkwkwkwkw :D


Gracia Veronica on 31 Juli 2011 11.50  

*angguk angguk*

benarr!


Ins saja on 31 Juli 2011 14.17  

hLo. gak kesinggung kok. tenang aja massss *lambai2 tangan
itu kan bukan saya. Saya itu lebay. bukan alay. itu bukan saya kok.
saya suka'nya teriak2, bukan curhat di status. nyehehehh! *kekeuh


Afaa Alghifaary on 2 Agustus 2011 19.47  

*gracia : hehehe... thx yoo...

*ins saja : wkakakaka.. enakan teriak2 di kamar mandi mandi mbak ins.. tw2 pas keluar langsung diguyur ama org2 serumah.. :D